get app
inews
Aa Read Next : Milad ke-22 SMA Unggulan Haf-Sa Genggong Gelar Uji Publik dan Launching Jurnal Pendidikan

Milad ke-2 Ning Ajwa Gelar Dialog Interaktif Peran Wanita Dalam Mewujudkan Keluarga Samawa

Selasa, 26 Desember 2023 | 13:21 WIB
header img
Milad ke 2 ning ajwa gelar seminar dan dialog interaktif ( Foto : iNewsProbolinggo.id/angga)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Milad ke-2 Forum silaturahmi Ning Ajwa menggelar seminar dan dialog interaktif dengan tema "Peran Wanita Dalam Mewujudkan Kluarga Sakinah Mawadah Warahma" di Pondok Pesantren Nurul Qodim, Desa Kalikajar, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, Senin (25/12/2023).

Dalam Seminar dan Dialog Interaktif tersebut menghadirkan narasumber Ning Hj. Imaz Fatimatuz Zahro, Pengasuh Pondok Pesantren Al - Ihsan Lirboyo, Kediri dan juga pemberian santunan kepada janda dan dhuafa.

Acara tersebut dihadiri oleh seluruh anggota sebanyak 150 orang dan undangan bu nyai dan syarifah. Perkumpulan putri kiai tersebut tidak hanya berasal dari Kabupaten Probolinggo saja, ada yang dari Kediri, Surabaya, Lumajang, Situbondo dan Bondowoso.

Ketua Ning Ajwa, Ning Hj. Nur Hayati Bakir mengatakan kegiatan milad ke-2 tersebut dihadiri oleh seluruh anggota sebanyak 150 orang dan undangan Bunyai dan Syarifah.

"Alhamdulillah berjalan dengan lancar dan sangat antusias para undangan yang hadir untuk mengikuti Seminar dan dialog interaktif ini", ungkapnya.

Ia berharap dengan adanya Forum Ning Ajwa tersebut bisa mempererat jalinan silaturahmi ukhuwah Islamiyah secara umum dan silaturahmi antar Pesantren.

"Sehingga Pondok Pesantren antar yang lainnya tidak saling menyombongkan, samarata. Yang Pondok - pondok besar bisa merangkul Pondok Kecil dan yang pondok kecil bisa belajar dengan pondok yang besar dan yang terakhir bisa meneruskan perjuangan kiai - kiai sepuh dilanjut oleh putri - putrinya agar tetap bersambung jalinan silaturahim antar ning - ning", tandasnya.

Ia menambahkan untuk pertemuan Ning Ajwa tersebut dilaksanakan setiap bulan dengan agenda tahlil bersama, sholawat,santunan janda dan duafa ditutup dengan acara inti yaitu tanya jawab jika ada permasalahan di Pondok tertentu.

"Kita bahas bersama untuk mencari solusi dan penyelesaiannya", tandasnya.

Senada disampaikan Wakil Ketua Ning Ajwa, Ning Hj. Dewi Wardah Nizar mengatakan kegiatan milad ke-2 tersebut dikemas dengan acara yang berbeda. Biasanya kegiatan Ceramah, namun kali ini dikemas dengan Seminar dan Dialog interktif dari Ning Imas Fatimatuz Zahro Pengasuh Ponpes Al - Ihsan Lirboyo, Kediri.

"Tujuan utama yaitu untuk mempererat tali silaturahim antar pondok - pondok yang ada di Kabupaten Probolinggo tapi anggotanya ini ada yang dari kabupaten lain seperti Kediri, Lumajang, Situbondo, Bondowoso, dan juga Surabaya ada yang mau bergabung jadi kami terima gak kami tolak", pungkasnya.

Nama Ajwa sendiri, diambil dari nama kurma Nabi Muhamad SAW yang mengandung banyak manfaat. Sehingga lewat penyematan Ning Ajwa, komunitas putri kiai tersebut diharapkan dapat memberikan manfaat, bagi seluruh umat. 

Dari yang awal hanya 15 anggota dari 5 Pondok Pesantren dan saat ini sudah menjadi 162 anggota dari sekitar 58 Pondok Pesantren.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut