get app
inews
Aa Read Next : Rekomendasi Minuman Sehat untuk Hari Raya

Inilah Salah Satu Minuman Menyehatkan Saat Musim Hujan

Minggu, 10 Desember 2023 | 18:54 WIB
header img
Minuman jahe yang cocok saat musim hujan (iNewsProbolinggo.id / Ide Nasution)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Musim hujan seperti sekarang ini tentunya membuat sebagian orang mudah terserang berbagai jenis penyakit.

Agar dapat menjaga daya tahan tubuh tetap prima dan tidak mudah sakit berbagai cara bisa menjadi alternatif, termasuk minum wedang jahe.

terlepas dari manfaatnya dalam menjaga kesehatan dan mengurangi gejala berbagai penyakit. Ketika cuaca dingin dan hujan, orang-orang biasanya minum minuman jahe untuk menghangatkan tubuh. 

Selain rasanya yang enak, minuman jahe juga memiliki banyak manfaat terutama mengandung antibiotik alami yang mampu mengobati masalah perut seperti mual. 

Minuman jahe juga dapat memperlancar peredaran darah, menurunkan kolesterol, meredakan sakit maag, mencegah serangan jantung, serta menurunkan tekanan darah.

Membuat minuman jahe juga dapat dibuat sendiri dirumah, selain disajikan secara utuh, jahe juga bisa dihaluskan berikut caranya :

1.Cuci jahe yang akan digunakan (jahe biasa atau merah)

2.Parut 1 sendok jahe yang sudah dicuci

3.Rebus 4 gelas air sampai mendidih

4.Masukkan parutan jahe ke dalam air mendidih dan diamkan selama 5-10 menit

5.Saring air jahe

6.Tambahkan madu, lemon atau jeruk nipis

Dikutip dari Hallodoc, khasiat jahe juga bisa membantu tubuh untuk menangkal infeksi bakteri dan virus tertentu. Kandungan gingerol dalam jahe dipercaya bisa menghambat infeksi bakteri, seperti Shigella, E.coli, dan lain-lain. 

Tak hanya itu saja, manfaat minum jahe juga bisa meningkatan sistem imun tubuh, sehingga dapat mencegah kerusakan DNA dan stres. Bahkan, manfaat minum jahe secara rutin juga bisa membantu mengatasi pilek dan flu.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut