get app
inews
Aa Read Next : Pengantin di Bangkalan Tetap Gelar Pesta Pernikahan di Tengah Banjir, Maju Terus Pantang Mundur

Doa Terhindar dari Bencana Alam, Bersegeralah Mengingat Allah Ta'ala

Senin, 04 Desember 2023 | 16:48 WIB
header img
Doa terhindar dari bencana alam perlu diketahui Muslim mengingat memasuki musim penghujan pada Desember akhir 2023 ini sudah mulai terjadi bencana alam seperti tanah longsor, banjir dan bencana lainnya. Foto: Okezone

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Doa terhindar dari bencana alam perlu diketahui Muslim mengingat memasuki musim penghujan pada Desember akhir 2023 ini sudah mulai terjadi bencana alam seperti tanah longsor, banjir dan bencana lainnya.

Di Sumatera Utara tepatnya di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) terjadi bencana tanah longsor dan banjir bandang menyebabkan 1 orang tewas dan 11 orang masih dinyatakan hilang.

Begitu juga baru-baru saja terjadi erupsi Gunung Marapi di Sumatera Barat menyebabkan 11 pendaki tewas dan 12 lainnya belum ditemukan.

Dalam Islam semua telah dijelaskan aturan bagaimana hidup di dunia, termasuk juga memanjatkan doa agar terhindar dari bencana alam.

Al-Allamah Zakariya Al-Anshari rahimahullah mengatakan, “Dianjurkan kepada setiap orang untuk mendekatkan diri kepada Allah dengan doa dan semisalnya ketika terjadi gempa dan semacamnya, seperti petir dan angin kencang. Dan berdoa di rumah seorang diri agar tidak lalai. Karena Nabi sallallahu alaihi wa sallam ketika ada hembusan angin kencang berdoa:

اللهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا فِيهَا وَخَيرَ مَا أُرْسِلَتْ بِهِ ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا فِيها وَشَرِّ مَا أُرْسِلَتْ بِهِ (رواه مسلم)

“Ya Allah Aku memohon kepada-Mu kebaikannya dan kebaikan yang ada di dalamnya dan kebaikan yang Engkau utus dengannya. Dan Aku  berlindung dari keburukannya dan keburukan yang ada di dalamnya dan keburukan yang engkau kirimkan padanya.” [HR. Muslim]

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut