get app
inews
Aa Read Next : DPC Sarbumusi Kabupaten Probolinggo Peringati Hari Buruh Internasional Dengan Bersholawat

Target Produksi Garam Probolinggo di 2023 Optimis Tercapai

Sabtu, 25 November 2023 | 20:30 WIB
header img
Petani garam saat panen (foto : iNewsProbolinggo.id/rifan)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Di tengah cuaca yang sudah mulai mendung, petambak garam di Kabupaten Probolinggo masih terus memproduksi garam. Karenanya, pemerintah setempat optimis produksi garam di 2023 segera mencapai target.

Diketahui, dari data yang berhasil dihimpun, jumlah produksi garam hingga akhir Oktober 2023 ini, sudah mencapai 11.718,11 ton. Sementara target produksi garam sebanyak 12.000 ton.

Kepala Bidang Perikanan Tangkap pada Dinas Perikanan Kabupaten Probolinggo Hari Pur Sulistiyono mengatakan, dari tren produksi garam yang dimulai sejak bulan agustus terus mengalami peningkatan. Mulai dari 2.000 ton hingga 3.000 ton. Jumlah tersebut diprediksi bisa konsisten sampai dengan tutup tahun.

Walaupun demikian, produksi garam yang diproduksi dapat dikatakan masih belum maksimal. Sehingga perlu pendekatan dan sosialisasi lebih kepada petambak garam agar produksinya lebih ditingkatkan.

"Bulan ini (November, Red) kami pantau di lapangan masih bisa produksi sekitar 3.000 ton. Dengan demikian target bisa tercapai," terangnya, Sabtu (25/11/2023).

Hari menjelaskan, jika peluang produksi garam terlihat dari cuaca. Sebab petambak garam di Kabupaten Probolinggo masih sangat mengandalkan cuaca dan musim. kristalisasi garam lebih cepat dilakukan saat musim kemarau. 

"Kalau cuaca terik, produksi garam juga secara bertahap mengalami peningkatan," katanya.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut