get app
inews
Aa Read Next : 5 Daerah Penghasil Timah Terbesar di Indonesia

Inilah 10 Pulau Terbesar di Dunia, 4 Diantaranya Ada di Wilayah Indonesia

Selasa, 31 Oktober 2023 | 11:41 WIB
header img
Sumber foto : Okezone

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Pulau adalah daratan yang dikelilingi oleh air di semua sisinya. Luas pulau di dunia bervariasi, mulai dari yang sangat kecil hingga yang sangat besar.

Berikut adalah daftar 10 pulau terbesar di dunia, berdasarkan luasnya,

10 pulau terbesar di dunia

1. Greenland

Greenland adalah pulau terbesar di dunia, dengan luas 2.166.086 kilometer persegi. Pulau ini terletak di Samudra Arktik dan merupakan bagian dari negara Denmark. Greenland memiliki iklim yang sangat dingin, dengan suhu rata-rata tahunan sekitar -10 derajat Celcius.

2. Papua

Papua adalah pulau terbesar kedua di dunia, dengan luas 785.753 kilometer persegi. Pulau ini terletak di Samudra Pasifik dan dibagi menjadi dua negara, yaitu Papua Nugini dan Indonesia. Papua memiliki iklim tropis, dengan suhu rata-rata tahunan sekitar 25 derajat Celcius.

3. Kalimantan

Kalimantan adalah pulau terbesar ketiga di dunia, dengan luas 748.168 kilometer persegi. Pulau ini terletak di Asia Tenggara dan dibagi menjadi tiga negara, yaitu Indonesia, Malaysia, dan Brunei Darussalam. Kalimantan memiliki iklim tropis, dengan suhu rata-rata tahunan sekitar 28 derajat Celcius.

4. Madagaskar

Madagaskar adalah pulau terbesar keempat di dunia, dengan luas 587.713 kilometer persegi. Pulau ini terletak di Samudra Hindia dan merupakan negara kepulauan. Madagaskar memiliki iklim tropis, dengan suhu rata-rata tahunan sekitar 25 derajat Celcius.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut