get app
inews
Aa Read Next : Pemilukan dan Menyayat Hati, Anak-Anak di Gaza Terpaksa Diamputasi dan Dioperasi tanpa Dibius

Kubah Masjid Al Aqsa di Palestina Berwarna Kuning Emas atau Biru, Yuk Simak Penjelasannya

Jum'at, 13 Oktober 2023 | 17:27 WIB
header img
Banyak umat Muslim mengira bahwa kubah Masjid Al Aqsa di Palestina berwarna kuning emas, namun ternyata ini adalah pemahaman yang keliru. Kubah Masjid Al Aqsa justru berwarna biru. Foto: Kolase

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo - Apa warna kubah Masjid Al Aqsa? Banyak umat Muslim mengira bahwa kubah Masjid Al Aqsa di Palestina berwarna kuning emas, namun ternyata ini adalah pemahaman yang keliru. Kubah Masjid Al Aqsa justru berwarna biru.

Masjid yang memiliki kubah kuning adalah Dome of The Rock atau Masjid Kubah. Masjid Al Aqsa disebut oleh Rasulullah SAW dalam hadits sebagai Masjid Biru karena memiliki kubah berwarna biru.

Masjid Al Aqsa adalah salah satu tempat suci bagi umat Muslim. Setiap tahun, masjid ini diingat pada peringatan Isra-Mikraj Nabi Muhammad SAW. Dalam peristiwa bersejarah tersebut, Nabi Muhammad diangkat ke langit dari Masjid Al Aqsa.

Dilansir dari buku "Rahasia Masjidil Aqsha" karya Syed Azharul Asriq, pada Jumat (13/10/2023), Masjid Al Aqsa bukanlah masjid dengan kubah berwarna kuning yang umumnya diketahui oleh masyarakat, melainkan masjid dengan kubah warna biru.

Dalam hadits shahih, Masjid Al Aqsa disebut sebagai salah satu dari tuga masjid yang dianjurkan untuk diziarahi atau dikunjungi oleh umat Muslim, yaitu Masjidil Haram, Masjid Nabawi, dan Masjid Al Aqsa.

Tempat suci ini juga merupakan kiblat pertama bagi Umat Islam sebelum dipindahkan ke Kakbah atas perintah Allah SWT.

Di Masjid ini, Rasulullah SAW melakukan Isra' dan dari sana pula dia berangkat dalam peristiwa Mikraj. Pada saat itu, Nabi SAW memimpin shalat berjamaah bersama 25 Rasul dan lebih dari 160.000 Nabi.

Makna nama Masjid Al-Aqsa adalah "masjid yang jauh." Namun, masjid ini tetap diingat oleh seluruh umat Muslim setiap tahun dalam peristiwa Isra-Mikraj. Dalam peristiwa bersejarah itu, Nabi Muhammad diangkat ke langit dari masjid tersebut.

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut