get app
inews
Aa Read Next : Kekejaman Israel Melampaui Batas, Tentara Zionis Perkosa dan Bunuh para Wanita di RS Al-Shifa Gaza

Asal-usul Semangka Menjadi Simbol Dukungan untuk Palestina

Jum'at, 03 November 2023 | 15:07 WIB
header img
 Asal usul Semangka menjadi simbol dukungan untuk Palestina. Bagi warga Palestina, semangka  melambangkan perlawanan dan identitas Palestina. Foto: Inews.id

GAZA, iNewsProbolinggo.id - Asal usul Semangka menjadi simbol dukungan untuk Palestina. Bagi warga Palestina, semangka  melambangkan perlawanan dan identitas Palestina.

Menurut laporan Al Jazeera, semangka mungkin merupakan buah yang paling ikonik dalam melambangkan Palestina. Buah ini tumbuh di seluruh Palestina, mulai dari Jenin hingga Gaza, dan memiliki warna yang sama dengan bendera Palestina - merah, hijau, putih, dan hitam. Oleh karena itu, makna semangka digunakan untuk memprotes penindasan Israel terhadap bendera dan identitas Palestina.

Setelah perang Palestina vs Israel tahun 1967, ketika Israel menguasai Tepi Barat, Jalur Gaza, dan mencaplok Yerusalem Timur, pemerintah melarang pengibaran bendera Palestina di wilayah pendudukan. Meskipun bendera tidak selalu dilarang secara hukum, semangka dianggap sebagai simbol perlawanan.

Semangka ini muncul dalam karya seni, kemeja, grafiti, poster, dan bahkan emoji semangka yang tersebar di berbagai media sosial. Baru-baru ini, bendera Palestina kembali menjadi sasaran kecaman. Pada Januari 2023, Menteri Keamanan Nasional sayap kanan, Itamar Ben-Gvir, menginstruksikan polisi untuk menyita bendera Palestina dari tempat umum.

Tindakan ini diikuti pada bulan Juni dengan rancangan undang-undang yang melarang penggunaan bendera di lembaga-lembaga yang didanai oleh negara, yang telah mendapat persetujuan awal dari Knesset, menurut laporan Haaretz. Sebagai tanggapan, Zazim, sebuah organisasi perdamaian akar rumput Arab-Israel, memasang bendera Palestina dalam bentuk semangka di sekitar selusin layanan taksi Tel Aviv.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut