get app
inews
Aa Read Next : Miris, Perjuangan Anak SD Merangkak di Jembatan Reyot dan Anggota TNI Ikut Menggendong Viral 

Brebes Daerah Penghasil Telur Asin Terbesar di Indonesia, Penghasil Bawang Terbesar Juga

Sabtu, 16 September 2023 | 11:36 WIB
header img
Daerah penghasil telur asin terbesar di Indonesia adalah Kabupaten Brebes terletak di bagian utara paling barat Provinsi Jawa Tengah. Foto: Dok

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Daerah penghasil telur asin terbesar di indonesia adalah Kabupaten Brebes terletak di bagian utara paling barat Provinsi Jawa Tengah.

Ibu kota Kabupaten Brebes berada di bagian timur laut wilayah kabupaten. Kota Brebes berbatasan dengan Kota Tegal, sehingga keduanya dapat dianggap sebagai satu kesatuan.

Kabupaten Brebes memiliki luas wilayah sekitar 1663,39 km2. Wilayah ini membentang sejauh 87 km dari utara ke selatan dan 50 km dari barat ke timur, dengan garis pantai sepanjang 65,48 km dan batas laut hingga 12 mil laut. Sebagian besar wilayah Kabupaten Brebes berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Barat.

Mayoritas penduduk di Kabupaten Brebes menggunakan Bahasa Jawa yang memiliki ciri khas tersendiri, yang dikenal sebagai Bahasa Jawa Brebes. Selain itu, terdapat beberapa fakta menarik tentang Kabupaten Brebes:

Nama Brebes sudah ada sejak zaman Mataram. Ada beberapa pendapat mengenai asal usul nama Brebes. Salah satu teori menyebutkan bahwa nama Brebes berasal dari kata "Bara" dan "Basah." "Bara" berarti "hamparan tanah luas," dan "basah" berarti "banyak mengandung air."

Kedua kata ini mencerminkan kondisi geografis daerah Brebes yang luas dan berair. Oleh karena itu, kata "Brebes" dapat diartikan sebagai "selalu keluar airnya."

Fakta Kabupaten Brebes

Penghasil Bawang Terbesar

Kabupaten Brebes adalah penghasil bawang merah terbesar di Indonesia. Setiap tahun, rata-rata terpanen sekitar 347,7 ribu ton bawang merah. Pusat produksi bawang merah terdapat di 11 kecamatan di Kabupaten Brebes, dan bawang merah dari Brebes menyumbang sekitar 18,5 persen dari produksi nasional.

Kota Telur Asin

Kabupaten Brebes juga dikenal sebagai "Kota Telur Asin" karena menjadi penghasil telur asin terbesar di Indonesia. Telur hasil ternak diolah menjadi telur asin dengan kualitas tinggi. Telur asin Brebes memiliki ciri khas kuning yang berwarna jingga hingga merah dan memiliki rasa yang lezat.

Batik Salem

Brebes memiliki motif batik khas yang disebut "Batik Salem" atau "Batik Brebesan." Sentra batik ini terdapat di Desa Bentar dan Bentarsari, Kecamatan Salem. Motif-motif Batik Salem mencakup berbagai elemen seperti kopi, mangga, merak, dan lainnya.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut