get app
inews
Aa Read Next : Dua Anggota Polri Harumkan Indonesia Lewat Timnas U-23

5 Daerah Penghasil Minyak Bumi Terbesar di Indonesia

Jum'at, 08 September 2023 | 13:24 WIB
header img
Sumber foto okezone

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Tahukah kamu, di indonesia terdapat sejumlah daerah penghasil minyak bumi terbesar di Indonesia yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan. 

Pasalnya, Indonesia memang dikenal sebagai negara yang memiliki kekayaan Sumber Daya Alam (SDA) melimpah. Tak hanya batu bara dan logam mulia, SDA Indonesia juga meliputi minyak bumi dan gas.

Minyak bumi ini juga merupakan SDA yang menjadi komoditas utama perdagangan antarnegara. Tak heran, melimpahnya minyak bumi di sejumlah daerah di Indonesia berhasil menjadi salah satu penyokong utama pendapatan wilayah tersebut. 

Berikut 5 Daerah Penghasil Minyak Bumi Terbesar di Indonesia

Meski potensi minyak Indonesia cukup besar, namun tidak semua wilayah Indonesia memiliki sumber daya alam ini. Adapun beberapa daerah penghasil minyak bumi terbesar di Indonesia antara lain sebagai berikut. 

1. Riau

Provinsi Riau menjadi salah satu daerah penghasil minyak bumi terbesar di Indonesia. Daerah ini memiliki potensi minyak bumi yang besar dan mampu menghasilkan sekitar 365,8 ribu barel minyak bumi per hari. Minyak tersebut dihasilkan dari Kepulauan Natuna yang tercatat memiliki beberapa blok tambang minyak bumi seperti Rokan, Siak, Mountain Front Kuantan, Selat Malacca, Selat Panjang, Coastal Plains dan Pekanbaru. 

2. Kepulauan Riau

Kepulauan Riau juga menjadi salah satu daerah penghasil minyak bumi terbesar di Indonesia. Kawasan ini tercatat mampu menghasilkan sebanyak 65 ribu barel minyak bumi per harinya. 

3. Kalimantan Timur

Kalimantan Timur juga turut menjadi penyumbang produksi minyak bumi terbesar di Tanah Air. Bahkan, minyak dan gas bumi ini menjadi komoditas ekspor terbesar di kawasan ini. Salah satu wilayah di Kalimantan Timur yang menjadi penghasil minyak bumi terbesar adalah Balikpapan. Kapasitas produksi di Balikpapan yang dilakukan Pertamina bahkan mencapai 260 ribu barel per hari. 

4. Jawa Timur

Jawa Timur diketahui memiliki blok minyak yang sangat terkenal yaitu Cepu. Blok Cepu yang dikelola oleh ExxonMobil ini dapat menghasilkan sebanyak 52 ribu barel minyak mentah dan 326 barel minyak kondensat per hari. Selain Cepu, daerah Jawa Timur juga memiliki blok tambang minyak bumi lain seperti Tuban, Kangean, Brantas, Gresik, Madura Barat, dan Bawean. 

5. Papua Barat

Sumber daya alam minyak bumi di daerah Papua Barat juga menjadi salah satu yang terbesar di Indonesia. Kawasan ini diketahui mampu menghasilkan sebanyak 14,8 ribu barel minyak bumi per hari. Sumber minyak bumi di kawasan ini banyak ditemukan di Kota Sorong, terutama di daerah seperti Linda Salawati, Klamono, dan Bintuni. 

Itulah beberapa daerah penghasil minyak bumi terbesar di Indonesia. Beberapa daerah ini memiliki potensi SDA minyak dan gas bumi luar biasa yang turut berperan penting dalam perekonomian negara.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut