get app
inews
Aa Read Next : Kecelakaan Maut Moge Harley-Davidson Tewaskan Suami Istri di Probolinggo, Begini Kronologinya

Inilah 7 Makanan dan Minuman Khas Probolinggo yang Wajib Kalian Coba

Jum'at, 08 September 2023 | 13:22 WIB
header img
Sumber foto okezone

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Tahukah kamu, Probolinggo merupakan salah satu Kabupaten di daerah Jawa Timur yang dikenal mempunyai banyak destinasi wisata. Tempat wisata tersebut sangat menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan dari dalam kota maupun luar kota.

Selain tempat wisata, Probolinggo juga sangat dikenal mempunyai Makanan Khas yang memiliki cita rasa dan ciri khas sendiri.

Sehingga tak heran jika membuat masyarakat penasaran datang ke daerah itu untuk menikmati liburan keluarga sambil menikmati beberapa destinasi wisata dan kuliner.

Berikut 7 makanan khas Probolinggo yang paling hits dan melegenda yang wajib kalian coba

1. Kepiting olok

Kepiting Olok ini merupakan salah satu Makanan Khas Probolinggo yang sangat di rekomendasikan untuk kamu coba. Jenis seafood yang satu ini terbilang cukup unik. Selain rasanya yang nikmat dan gurih, makanan khas probolinggo yang satu ini memiliki cita rasa yang susah dilupakan para penikmat seafood.

2. Ketan kratok

Ketan Kratok adalah makanan khas yang berasal asli dari Probolinggo, Jawa Timur. Makanan ini bisa dibilang sejenis jajanan ringan yang ada di pasar, yang mana makanan tersebut terbuat dari bahan dasar beras ketan dan juga parutan daging kelapa.

Yang lebih mantap nya lagi, makanan itu dihidangkan dengan dilengkapi taburan kratok dan juga cairan gula merah yang sangat manis.

Sehingga rasa yang dimiliki dari Ketan Kratok ini bukan hanya sekedar gurih saja, melainkan adanya perpaduan antara rasa manis dan asin.

3. Soto kraksaan

Sesuai dengan ciri khas makanannya, Soto Kraksaan adalah Makanan Khas Probolinggo yang mana nama daerah nya adalah Kraksaan.

Apabila dilihat, sekilas soto ini hampir sama dengan soto pada umumnya, namun ada sedikit yang membedakan.

Yaitu beda pada bagian dagingnya, daging yang digunakan untuk Soto Kraksaan ini ialah daging ayam jantan.

4. Nasi jagung merpati

Nasi Jagung Merpati Makanan Khas Probolinggo ini wajib kalian coba ketika sedang berkunjung ke Kota Probolinggo, Jawa Timur, Indonesia.

Bahan dasar masakan Nasi Jagung Merpati ini menggunakan jagung yang sudah ditumbuk secara halus, kemudian dicampurkan dengan berbagai macam lauk pauknya.

Walaupun makanan ini terbilang sangat tradisional, namun kelezatan dari cita rasa yang dimiliki Nasi Jagung Merpati ini tidak perlu diragukan lagi, nikmat nya tuh kerasa sampai ke ujung lidah. Pokoknya mantep! Kalian harus coba yah!

5. Nasi campur nyak nyong

Nasi Campur Nyak Nyong merupakan makanan tradisional yang sangat dikenal oleh masyarakat setempat di Probolinggo.

Isi dari makanan ini terdiri dari nasi yang dicampur dengan beberapa jenis lauk, seperti empal kuah, mie, serundeng, daging dendeng yang disiram dengan santan kental.

6. Proll tape probolinggo

Berkunjung ke Kota Banyuangga di Probolinggo, rasanya belum lengkap jika kalian tidak membawa oleh-oleh khas probolinggo.

Oleh karena itu Prol Tape Khas Probolinggo ini sangat cocok untuk kalian jadikan oleh-oleh souvenir khas Probolinggo.

Proll Tape ini merupakan salah satu oleh-oleh terbaik yang dapat kalian bawa pulang. Kue Proll Tape ini dibuat dari bahan dasar singkong, garam, tepung terigu, mentega, gula, telur, susu sapi dan dicampur dengan taburan kismis dan keju.

7. Sirup pokak

Selain cemilan ringan seperti Proll Tape, perlu kalian ketahui Bahwa Sirup Pokak ini dapat dibuat sebagai bahan oleh-oleh keluarga dan teman-teman di rumah.

Sirup Pokak merupakan salah satu Minuman Khas Probolinggo yang sangat dikenal oleh masyarakat sekitar, ataupun oleh orang-orang yang berkunjung ke daerah Probolinggo.

Sirup Pokak ini dibuat dari bahan dasar gula merah, jahe, cengkeh, pandan, kayu manis dan juga menggunakan jeruk purut.

Maka sudah tak aneh lagi apabila Sirup Pokak ini memberikan cita rasa yang hangat untuk tubuh kita.

Itu dia 7 makanan dan minuman khas probolinggo yang wajib kalian cicipi ketika berkunjung kesana. Semoga bermanfaat ya !

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut