get app
inews
Aa Read Next : Pemdes Sindet Lami Probolinggo, Peringati Tahun Baru Islam dengan Pawai Obor dan Sholawat Bersama

Kenali 4 Tempat Ritual Malam 1 Suro, Kerap Hadirkan Suasana Mistis Bikin Merinding

Selasa, 18 Juli 2023 | 21:33 WIB
header img
Sumber foto okezone

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Malam satu Suro jatuh pada malam hari menjelang tanggal satu Muharram. Pada tahun 2023, satu Muharram jatuh pada Rabu 19 Juli 2023. Dengan ini, malam satu Suro akan diperingati pada Selasa malam, 18 Juli 2023.

Indonesia punya banyak destinasi wisata menarik, dan kerap dijadikan tempat untuk melakukan ritual sakral.

Misalnya Malam 1 Suro, di masa masyarakat setempat akan melakukan beberapa ritual yang telah jadi tradisi setiap tahunnya.

Kebanyakan, tempat-tempat wisata yang akan dilakukan ritual malam 1 Suro adalah destinasi wisata bersejarah, memiliki banyak legenda serta mitos.

Berikut 4 tempat wisata yang kerap dijadikan ritual pada malam 1 Suro;

1. Keraton Yogyakarta Hadiningrat

Berlokasi jalan Rotowijayan Blok Nomor 1, Panembahan, Kecamatan Keraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Keraton Yogyakarta Hadiningrat menjadi destinasi wisata yang dijadikan tempat ritual pada malam 1 Suro. Biasanya mereka akan melakukan Jamasan atau pembersihan diri.

Selain itu di wilayah Keraton ini juga dilakukan ritual Topo Bisu Mubeng Beteng. Yakni suatu kepercayaan, mereka akan berjalan mengitari benteng Keraton tanpa menimbulkan suara sedikitpun.

Tradisi ini dilakukan sebagai suatu evaluasi diri yang diperbuat selama satu tahun. Biasanya Topo Bisu Mubeng Beteng ini dilakukan tengah malam atau bertepatan pada pukul 24.000 WIB.

2. Keraton Surakarta Hadiningrat

Selanjutnya adalah Keraton Surakarta Hadiningrat berlokasi di Baluwarti, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Keraton ini juga menjadi lokasi ritual saat malam 1 Suro tiba. Salah satu ritual yang terkenal di tempat ini adalah Kirab Kebo Bule.

Pada tradisi ini, nantinya masyarakat akan ikut mengarak kerbau dan berusaha menyentuh hewan ternak tersebut. Hal ini diyakini akan mendapatkan keberkahan setelah menyentuhnya.

3. Pantai Parangtritis

Pantai yang dikenal dengan legenda Ratu Pantai Selatan, Nyi Roro Kidul ini juga dijadikan tempat ritual untuk menyambut malam 1 Suro.

Banyak dari masyarakat yang melakukan ritual Jamasan atau lebih dikenal dengan cuci keris atau benda pusakan lainnya diikuti dengan tradisi melarung persembahan.

4. Gunung Kawi

Gunung Kawi adalah sebuah gunung berapi yang sudah lama tidak aktif, berada sebelah barat daya di Kabupaten Malang, berbatasan langsung dengan Kabupaten Blitar Jawa Timur.

Kawasan wisata ini kerap dikaitkan dengan pesugihan, yang konon untuk mencari kesenangan duniawi. Akan tetapi Gunung Kawi juga menjadi salah satu spot utama untuk mengadakan ritual malam 1 Suro.

Gunung Kawi memiliki dua tempat utaman yang memiliki nilai magis tinggi yakni Pesarean Imam Soedjono dan Pesarean Kyai Zakaria.

Dua tempat ini dianggap sebagai tempat keramat. Setiap 1 Suro pesarean ini kerap didatangi masayarakat untuk memanjatkan puji syukur kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala.

5. Stupa Sumberawan Candi Singosari

Candi Singosari, Malang, Jawa Timur terdapat tempat tradisi 1 Suro yang dikenal dengan Stupa Sumberawan.

Tempat ini banyak disambangi orang di malam hari terlebih pada momen malam 1 Suro. Di candi ini juga ada sebuah petirtaan yang konon sempat digunakan oleh Ken Dedes.

Mengutip laman Go Travelly, berbagai ritual yang dilakukan di tempat itu di antaranya ruwatan yang bertujuan meluruhkan berbagai jenis penyakit hati. Kemudian suguhan Nitiputut yang dilakukan dengan cara memanggil arwah untuk kemudian dimasukkan ke boneka.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut