get app
inews
Aa Read Next : Mahasiswa Probolinggo Gelar Deklarasi Pemilu Damai 2024

Mau Dapat Beasiswa di Luar Negeri ?? Cek 5 Tipsnya ya !!

Selasa, 11 Juli 2023 | 19:24 WIB
header img
Sumber foto okezone

JAKARTA,iNewsProbolinggo.id - Memperoleh beasiswa adalah salah satu cara terbaik untuk bisa melanjutkan kuliah di luar negeri.

Tapi sayangnya jumlah beasiswa yang terbatas berbanding terbalik dengan jumlah peminat beasiswa yang selalu bertambah tiap tahunnya. Tak ayal, banyak sekali pelamar beasiswa yang harus kecewa saat gagal mendapat beasiswa yang diinginkan.

Beberapa tips untuk meraih beasiswa kuliah di luar negeri menjadi incaran bagi calon mahasiswa. Pasalnya melanjutkan pendidikan dengan mendapatkan biaya murah di negara asing merupakan impian bagi kebanyakan orang.

Untuk mendapatkan beasiswa di luar negeri tidaklah mudah. Lantaran harus ada syarat agar bisa lolos dalam mendapatkan biaya gratis dalam melanjutkan pendidikan.

Untuk itu mencari referensi tips raih beasiswa di luar negeri perlu dilakukan. Sebab, beberapa negara memberikan biaya pendidikan gratis untuk kuliah di negaranya untuk calon mahasiswa.

Yang terpenting, untuk bisa mendapatkan informasi beasiswa ke luar negeri adalah dengan tidak malu untuk bertanya dan mencari informasi tentang beasiswa yang dibuka.

Kemudian, perlu diketahui bahwa beasiswa bukan hanya untuk pelajar pintar yang memiliki IPK 4,00. Namun, beasiswa ke luar ini diperuntukkan untuk mereka yang mau berusaha lebih untuk dapat meraihnya.

Adapun untuk mendapatkan beasiswa ke luar negeri ini, ada tes dan tahapan yang cukup sulit, sehingga harus ada strategi khusus untuk dapat mendapatkannya.

Berikut adalah tips untuk meraih beasiswa ke luar negeri:

1. Buat Daftar Beasiswa yang Diminati

Penting untuk membuat daftar beasiswa yang ingin didaftar. Dengan begitu, kita akan lebih mengamati bagaimana peluang dan strategi untuk dapat lolos.

2. Pilih Organisasi Beasiswa dengann Benar

Sebelum mendaftar suatu beasiswa, penting untuk memahami terlebih dahulu organisasi yang menyediakan beasiswa tersebut. Hal yang harus dipahami dapat mencakup visi, misi, ataupun hal-hal yang menjadi fokus organisasi tersebut.

Dengan begitu, saat mempersiapkan berkas lamaran kita akan lebih tahu apa yang harus kita persiapkan untuk memperbesar peluang kita lolos beasiswa.

3. Pilih Negara dengan Pelamar yang Sepi

Memilih beasiswa ke negara besar memang hal yang bagus. Namun hal itu akan membuat persaingan lebih ketat dan peluang lolos semakin kecil.

Sebaiknya, pilih negara yang memiliki peminat lebih sedikit namun dengan kualitas pendidikan yang tidak jauh berbeda. Dengan begitu, resiko gagal akan semakin kecil.

4. Persiapkan dari Jauh Hari

Setelah menentukan negara dan beasiswa yang akan kita daftar, penting untuk mempersiapkan segala berkas dan persyaratan dari jauh hari. Dengan begitu, kita dapat lebih maksimal dalam mempersiapkan segalanya.

Buat Motivation Letter atau Personal Statement yang tidak biasa

Motivation letter atau personal statement adalah persyaratan yang selalu ada dalam persyaratan beasiswa ke luar negeri. Pada hal ini, pendaftar biasanya akan diminta untuk menjabarkan tentang alasan kenapa ingin belajar di luar negeri dengan memilih bidang ilmu tertentu dan bagaimana pandangan kita tentang hal itu kedepannya.

Untuk dapat menuliskan motivation letter yang tidak biasa, penting untuk menghindari kalimat "saya ingin mempelajari blablabla". Alangkah lebih baik jika kalimat-kalimat tersebut diganti dengan menyebutkan berbagai fakta tentang negara dan bidang studi yang kita tuju dan dilanjutkan dengan ide atau gagasan yang kita miliki.

5. Masukan Lamaran dengan Awal

Saat mendaftar beasiswa, alangkah lebih baik apabila mendaftarnya di awal. Meski bukan jaminan akan lolos, namun apabila mendaftar lebih awal besar kemungkinan setiap petugas yang menyeleksi berkas pendaftaran kita akan lebih jeli dalam memeriksanya.

Itulah tips untuk dapat meraih beasiswa di luar negeri.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut