get app
inews
Aa Read Next : Buah Penurun Kolesterol yang Wajib Dikonsumsi

Berikut 3 Tips Mudah Jaga Kulit Area Miss V, Jangan Sampai Iritasi!

Jum'at, 07 Juli 2023 | 11:33 WIB
header img
Sumber foto okezone

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Mulai dari berperan dalam "menstruasi, seks, kehamilan, dan persalinan, vagina merupakan alat reproduksi wanita yang penting. Itulah mengapa para wanita perlu tahu cara merawat vagina yang tepat.

Dengan merawat dan menjaga kebersihan vagina, organ intim tersebut bisa terhindar dari infeksi, iritasi, bahkan bau tidak sedap. Namun, cara membersihkan vagina berbeda dari bagian tubuh lainnya, sehingga produk seperti sabun tidak cocok digunakan untuk organ yang ada bagian bawah tersebut. Karena itu, yuk cari tahu cara merawat vagina yang tepat di sini.

Area organ intim kemaluan wanita memang harus benar-benar dijaga kebersihannya, agar kesehatannya pun baik jauh dari iritasi dan penyakit.

Jangan sampai, area kulit sekitar kemaluan mengalami iritasi karena kelalaian sendiri, karena salah cara perawatan. Lalu, bagaimana tips menjaganya? Catat beberapa poin dari Dermatologi dan dokter spesialis kulit dan kelamin , dr. Astrid Teresa berikut ini.

1. Kurangi gesekan: Sebisan mungkin harus menghindari terjadinya gesekan di area sekitar daerah kewanitaan. Misalnya saja saat sedang haid, Anda wajib mengganti pembalut secara rutin.

Apabila terlalu lama tidak diganti, area sekitar kemaluan akan turut lembab dan mudah iritasi. Menurut dr. Astrid Teresa, waktu ideal mengganti pembalut sekitar tiga sampai empat jam sekali.

2. Pakai sabun lembut: Area sekitar kewanitaan tidak bisa disamakan dengan kulit pada bagian tubuh lainnya. Artinya, membersihkannya pun perlu sabun dengan formula lebih ringan agar tidak terjadi iritasi.

"Orang mikir haid itu kotor dan lain-lain, jadi maunya pakai antiseptik yang terlalu kuat, takutnya jadi iritasi juga," kata dr. Astrid Teresa, kala ditemui MNC Portal di acara konferensi pers Softex Daun Sirih, Jakarta Pusat, Kamis (6/7/2023).

3. Pakai pakaian dalam menyerap: Penting untuk pakai pakaian dalam yang mampu menyerap keringat. Hal ini bertujuan supaya ketika bergerak atau beraktivitas, kulit tidak lecet.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut