get app
inews
Aa Read Next : Begini Cara Grill Daging Kurban Idul Adha agar Tekstur Lembut, Enak dan Menggugah Selera!

Yuk Cobain Resep Beef Bulgogi di Rumah !! Rasanya Dijamin Istimewa

Minggu, 21 Mei 2023 | 11:05 WIB
header img
Sumber foto okezone

PROBOLINGGO,iNewsprobolinggo.id - Jika Anda merupakan salah satu penggemar film korea, pasti sudah tidak asing dengan makanan yang satu ini. Beef bulgogi merupakan makanan tradisional Korea yang sangat populer disajikan di restoran dan tempat makan dengan konsep barbeque atau grill. Nama bulgogi sendiri memiliki arti daging panggang. 

Rasanya pun cenderung fruity dan manis sehingga cocok di lidah masyarakat Indonesia. Sehingga akhir-akhir ini berbondong-bondong pengusaha yang membuka restoran dengan menu beef bulgogi  di Indonesia. Eits, tetapi ternyata beef bulgogi bisa Anda buat di rumah lho. Tentunya bisa lebih menyesuaikan rasanya dengan selera Anda.

Bulgogi, atau barbekyu Korea, secara harfiah berarti "daging api". Irisan tipis daging sapi (atau terkadang daging babi) direndam dalam saus manis-gurih, kemudian dipanggang hingga matang dan beraroma sempurna.

Belakangan makanan khas Korea sudah mulai digandrungi oleh masyarakat Indonesia. Hal itu karena semakin banyaknya makanan khas Korea yang muncul dalam tayangan Drakor.

Makanan Korea sendiri beragam, mulai dari corn dog, kimbap, tteokbokki, kimchi, hingga bulgogi. Misalnya saja bulgogi yang biasanya diolah dengan daging sapi atau ayam. Kini Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan cita rasa khas Korea.

Head of Sauce & Seasoning Dept. PT Ajinomoto Indonesia, Eurli Prameswari mengatakan pihaknya menghadirkan produk saus bulgogi untuk menjawab kebutuhan konsumen yang saat ini semakin banyak berkreasi dengan aneka hidangan ala Korea Selatan di rumah, tentunya dengan cara yang praktis dan rasanya sudah pasti lezat.

“Saori Saus Bulgogi merupakan saus oriental ala Korea Selatan yang dilengkapi minyak wijen, biji wijen, jahe, serta bahan-bahan pilihan lainnya. Tak perlu menambahkan bumbu lainnya, memasak hanya dengan satu bumbu saja, siapa pun bisa menyajikan menu olahan daging atau ayam sekelas hidangan restoran khas Korea Selatan,” tutur Eurli Prameswari, kepada media baru-baru ini.

Penasaran bagaimana resep dan cara membuat beef bulgogi khas Korea? Berikut ulasannya, Minggu (21/5/2023).

Bahan:

250 gr Daging sapi slice tipis

1,25 gr Lada hitam bubuk

15 gr Bawang putih

5 gr Jahe

75 gr Bawang bombay

5 gr Paprika bubuk

50 gr Daun bawang

2.5 gr Penyedap rasa

20 ml Kecap manis

10 ml Madu

10 ml Saori Saus Bulgogi

10 ml Minyak wijen

2,5 gr Gula

5 Wijen Sangrai

15 ml Minyak goreng

Cara memasak

1. Marinasi daging sapi dengan Saori Saus Bulgogi, kecap manis, dan diamkan selama 1 jam.

2. Cincang halus bawang putih dan jahe, lalu potong bawang bombay, dan potong daun bawang dipotong menyerong. Sisihkan.

3. Panaskan minyak lalu tumis bawang bombay, bawang putih dan jahe. Masak hingga harum lalu masukan daging yang sudah dimarinasi.

4. Tambahkan minyak wijen, lada hitam bubuk, gula, madu, paprika bubuk, dan penyedap lalu aduk hingga rata dan daging matang sempurna.

5. Tambahkan irisan daun bawang dan tumis hingga agak layu lalu. Koreksi rasa. Dan sajikan dengan taburan wijen sangrai. Selamat mencoba!

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut