get app
inews
Aa Read Next : Inilah 5 Kebiasaan Buruk yang Bikin Otak Sesorang Jadi Lemot

Waspada !! Ini 3 Penyebab Tak Terduga yang Bisa Sebabkan GERD

Senin, 08 Mei 2023 | 14:29 WIB
header img
Sumber foto okezone

PROBOLINGGO,iNewsprobolinggo.id - Pernahkah Anda mengalami rasa seperti ada makanan mengganjal di kerongkongan diikuti rasa panas terbakar pada dada Anda? Mungkin saja Anda mengalami GERD.

Di kalangan awam, penyakit GERD seringkali dianggap sama dengan penyakit maag karena kemiripan gejalanya yang sama-sama melibatkan organ lambung. Padahal jika dilihat dari faktor penyebabnya, maag dan GERD adalah dua penyakit yang berbeda. Penyakit GERD juga tidak boleh dianggap remeh karena bisa menyebabkan komplikasi berbahaya.

Naiknya asam lambung atau yang kerap disebut Gastroesophageal Reflux Disease (GERD), memang menjadi tantangan setiap orang. Apalagi, kerap muncul di saat tak terduga dan tidak tepat.

Namun ternyata, memang ada beberapa penyebab muncul GERD yang jarang diketahui sebagai sumber masalahnya. Dilansir Okezone dari NakedPress, inilah beberapa penyebab utama yang dapat menimbulkan penyakit maag dan GERD.

1. Sering makan sembarangan

Makan-makanan berminyak, manis-manis, micin, junk food dan pola makan yang berantakan dapat meningkatkan produksi asam lambung dan reaksi radang yang akan memperparah pengikisan dinding lambung.

2. Stres 

Jika anda mengalami stres yang berlebihan hal tersebut dapat menyebabkan reaksi radang di lambung meningkat dan ikut meningkatkan produksi asam lambung.

3. Jarang makan sayur dan Buah 

Sering kali kita mengabaikan makanan sehat seperti buah dan sayur-sayuran yang sangat penting bagi tubuh kita. Makanan tersebut perlu dikonsumsi secara rutin karena bakteri baik dalam tubuh perlu nutrisi yang cukup agar asam lambung tidak naik secara terus menerus dan memicu maag dan GERD.

Meskipun maag dan GERD sedikit berbeda, namun cara dalam mengatasinya sama. Hindari makanan pedas dan asam, pola makan lebih teratur, tidur teratur, hindari kopi, teh, dan alkohol, serta rutin detox 1 hari setiap minggu.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut