get app
inews
Aa Read Next : DPC Sarbumusi Kabupaten Probolinggo Peringati Hari Buruh Internasional Dengan Bersholawat

Soto Legendaris Pak Koya Ramai Diburu Pembeli saat Mudik Lebaran

Kamis, 27 April 2023 | 19:07 WIB
header img
Hj. Mardiyah ditempat olahan sotonya (foto : iNewsProbolinggo.id/rifan)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Warung soto legendaris di Kelurahan Patokan, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo laris manis saat libur mudik lebaran 2023. Setiap harinya warung yang diberi nama Soto Pak Koya tersebut, melayani puluhan hingga ratusan pembeli.

Pemilik warung Soto Pak Koya, Hj. Mardiyah mengatakan, kalau setiap harinya banyak pelanggan yang datang untuk makan soto di warungnya. Selain makan langsung di tempat, ada pula pelanggan yang membelinya secara dibungkus, untuk dimakan bersama keluarga.

"Setiap harinya bisa sampai 100 orang, yang membeli kesini. Pembelinya dari warga sekitar, tapi ada juga yang dari luar kota, seperti Jakarta, Surabaya, Jawa Tengah. Mereka mampir membeli ketika berkunjung ke daerah Kraksaan," katanya.

Mardiyah menjelaskan, kalau usahanya mulai dirintis sejak 1989 lalu, dan merupakan warisan nenek moyangnya yang sudah menjual Soto Koya sejak 1950-an lalu. Usaha itu, ia lanjutkan hingga akhirnya banyak dikenal dikalangan masyarakat.

Sehingga selain pada momen mudik lebaran, pada bulan ramadan lalu, sotonya juga diburu masyarakat. Di mana pada bulan puasa, banyak masyarakat yang membeli soto olahannya untuk buka puasa di rumah.  

"Kalau untuk catering biasanya dipesan untuk acara tertentu, untuk pesanannya bisa sampai 1500 porsi, sampai 3000 porsi," akunya.

Harga untuk menikmati soto tersebut tidaklah mahal, di mana para pelanggan cukup merogoh kocek senilai Rp 10 ribu, untuk soto tanpa nasi senilai Rp 12 ribu pakai nasi atau lontong.

"Kalau lengkap dengan minumannya, seperti es teh, teh hangat, es jeruk atau jeruk hangat itu harganya Rp 15 ribu," paparnya.

Sementara salah satu pembeli bernama Hasanah mengatakan, kalau ia sering berlangganan di Soto Koya itu. Karena ia yang menyukai soto merasa pas, dengan cita rasa yang dihidangkan Soto Pak Koya

"Kadang saya teman, atau sama keluarga yang kesini. Tidak tentu seminggu bisa berapa kali, tapi kalau sudah ke Kraksaan pasti makannya di Soto Pak Koya," ucap, wanita asal Kecamatan Krucil itu.

Tidak sulit untuk menemukan lokasi stand soto, yang rasanya sesuai lidah orang Indonesia itu. Kita hanya perlu berkunjung ke Alun-alun Kota Kraksaan, kemudian menuju utara alun-alun sisi sebelah timur sejauh 100 meter.

Selanjutnya, dipertigaan belok kiri atau arah barat sekitar 100 meter. Barulah sampai di sebuah rumah yang di depannya tertulis Soto Pak Koya. Lokasinya juga berdekatan dengan Kantor Urusan Agama (KUA), Kelurahan Patokan.

Warung soto tersebut buka mulai pukul 06.00 WIB hingga pukul 19.00 WIB. Di jam tersebut, pelanggan dapat menikmati Soto Koya, baik untuk makan langsung atau dibungkus.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut