get app
inews
Aa Read Next : Gigih, Remaja di Kota Probolinggo Jual Stik Ladrang Hingga Jadi Tukang Pijat untuk Bertahan Hidup

5 Raja Minyak Terkaya di Dunia

Kamis, 27 April 2023 | 05:41 WIB
header img
Sumber foto okezone

JAKARTA,iNewsprobolinggo.id - Industri minyak dan gas telah lama dikenal dapat memberikan sumbangan besar bagi perekonomian dunia. Tak heran, bila sebagian besar pengusaha yang bergerak di bidang ini mampu mencetak banyak keuntungan dan menyandang gelar "raja minyak".

Istilah "raja minyak" kerap kali ditujukan pada orang-orang super kaya berkat bisnisnya yang bergerak di bidang minyak. Di antara mereka, terdapat sejumlah raja minyak terkaya di dunia yang berhasil menjadi pemimpin di industri tersebut.

5 raja minyak dunia terkaya di dunia menarik untuk diulas. Sebagai penguasa tertinggi suatu kerajaan, umumnya raja memiliki kekayaan dalam jumlah besar dan bergaya hidup mewah.

Apalagi sebagian memiliki usaha dan bisnis minyak membuat beberapa raja ini sangat terkenal dengan kekayaannya.

Berikut ini 5 raja minyak dunia terkaya di dunia dilansir dari Forbes:

1. Mukesh Ambani

Mukesh Ambani menduduki peringkat 12 orang terkaya di dunia berdasarkan Forbes Real Time Billionaires List dengan harta senilai USD82,5 miliar per Februari 2023 atau sekitar Rp1.234,04 triliun jika kurs rupiah Rp14.886.

Mukesh Ambani sendiri adalah ketua perusahan swasta terbesar di India yakni India Reliance Industries (RIL). Konglomerat asal India ini memiliki kepentingan di petrokimia, penyulingan, ritel dan lain-lain.

2. Leonid Mikhelson

Mikhelson lahir di Kaspiysk, Republik Dagestan, Rusia pada 11 Agustus 1955 silam. Ia dibesarkan di keluarga keturunan Yahudi. Ayahnya, Viktor Mikhelson, merupakan kepala pembangunan utama pipa gas Uni Soviet.

Sepak terjang Mikhelson di dunia migas membuatnya mampu mengumpulkan kekayaan hingga USD20,4 miliar atau sekitar Rp303 triliun (asumsi kurs Rp14.886 per dolar AS)

3. Sultan Hassanal Bolkiah – Brunei Darussalam

Sultan Hassanal Bolkiah merupakan pemimpin Brunei Darussalam saat ini. Ia memiliki kekayaan sebesar USD28 miliar atau setara dengan Rp416 triliun.

Sumber kekayaan yang dimilikinya berasal dari industri minyak dan gas. Ia merupakan pemimpin kerajaan terlama setelah Ratu Elizabeth II.

Sultan yang naik takhta pada 1967 ini dikenal sebagai raja yang memiliki banyak koleksi mobil mewah.

4. Salman bin Abdulaziz Al Saud – Arab Saudi

Salman bin Abdulaziz Al Saud telah menjadi raja di Arab Saudi sejak tahun 2015. Setiap raja di Arab Saudi sekaligus jua menjadi penjaga Dua Masjid Suci yaitu Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

Raja Salman memiliki kekayaan sebesar USD18 miliar atau setara dengan Rp267 triliun. Sumber kekayaan yang dimilikinya berasal dari industri minyak.

5. Khalifa bin Zayed Al Nahyan – United Arab Emirates

Raja Khalifa bin Zayed Al Nahyan tutup usia pada 13 Mei 2022. Sebelum wafat, ia merupakan Presiden Uni Emirat Arab, Emir Abu Dhabi, Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata Uni Emirat Arab, serta Ketua Dewan Perminyakan Tertinggi.

Kekayaan yang ia miliki sebesar USD15 miliar atau setara dengan Rp223 triliun. Ia juga merupakan Ketua Otoritas Investasi Abu Dhabi, yang mengelola aset USD875 miliar, jumlah terbesar yang dikelola oleh kepala negara di dunia.)

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut