get app
inews
Aa Read Next : DPC Sarbumusi Kabupaten Probolinggo Peringati Hari Buruh Internasional Dengan Bersholawat

Warga Probolinggo yang Menghina Nabi Muhammad di Facebook, Alami Gangguan Kejiwaan

Jum'at, 21 April 2023 | 15:58 WIB
header img
Kapolres Probolinggo Kota saat memberikan keterangan tentang kasus MSA (foto : iNewsProbolinggo.id/istimewa)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Polres Probolinggo Kota memastikan, jika penghina Nabi Muhammad di unggahan facebook merupakan pria yang mengalami gangguan kejiwaan. Itu berdasarkan hasil pemeriksaan dokter psikolog, pria berinisial MSA itu mengidap penyakit Skizofrenia atau gangguan jiwa jenis halusinasi. 

MSA merupakan warga Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo. Ia diamankan Polres Probolinggo Kota pada Jum'at (21/4/2023) dini hari. Setelah menggunggah tulisan menghina Nabi Muhammad di Facebook.

Kapolres Probolinggo Kota, AKBP Wadi Sa'bani mengatakan, pasca diamankannya MSA, pihaknya segera meminta keterangan sejumlah pihak, baik Majlis Ulama Indonesia (MUI) Kota Probolinggo, tokoh agama, dan orang tua MSA.

Saat diinterogasi, orang tua korban mengaku kalau anaknya mengalami gangguan mental. Namun pihak kepolisian tidak langsung percaya begitu saja, sehingga mendatangkan dokter psikolog untuk memeriksa MSA.

"Dari hasil pemeriksaan dokter, yang bersangkutan menderita penyakit skizofrenia yakni penyakit gangguan kejiwaan yang berupa halusinasi," paparnya, saat pres rilis kasus tersebut, Jum'at (21/4) siang.

Mengetahui hal itu, pihak kepolisian langsung menyerahkan MSA kepada keluarganya untuk di rawat dan dibawa ke dokter kejiwaan, agar bisa sembuh. Serta dijaga, agar peristiwa tersebut tidak terulang.

"Saya mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak terprovokasi, dan jangan mau diprovokasi oleh unggahan tersebut, apalagi unggahannya sudah terhapus," katanya.

Diberitakan sebelumnya, Polres Probolinggo Kota mengamankan MSA, warga Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo. Bersangkutan diamankan, lantaran mengunggah tulisan yang menghina Nabi Muhammad SAW.

Tulisan penghinaan atas Nabi Muhammad itu, diunggah ke group facebook Pusat Informasi Probolinggo (Official), pada Kamis (20/4/2023) sekitar pukul 18.37 WIB.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut