get app
inews
Aa Read Next : Negara Penghasil Teknologi Senjata Canggih

Gangguan Besar Melanda Facebook dan Instagram, Pengguna Global Terdampak

Rabu, 06 Maret 2024 | 08:10 WIB
header img
Sumber foto: Okezone

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Platform media sosial raksasa, Facebook dan Instagram, diguncang oleh gangguan skala global pada Selasa malam, 5 Maret 2024. Jutaan pengguna di seluruh dunia, termasuk Indonesia, dibuat frustrasi karena kesulitan mengakses kedua layanan tersebut.

Berdasarkan laporan dari Downdetector, puncak gangguan terjadi sekitar pukul 22.00 WIB. Pengguna melaporkan berbagai masalah, terutama kesulitan login dan terputusnya koneksi server. Situasi ini sontak menimbulkan kehebohan, mengingat Facebook dan Instagram merupakan platform yang sangat digandrungi, tak terkecuali di Indonesia.

Meta, perusahaan induk dari Facebook dan Instagram, bergerak cepat dengan mengonfirmasi adanya masalah teknis dan berupaya untuk mengatasinya. Melalui pernyataan resmi, mereka mengakui bahwa kesalahan konfigurasi server menjadi biang keladi dari gangguan tersebut. Kesalahan ini menyebabkan server tidak dapat berkomunikasi dengan baik, sehingga layanan menjadi tidak dapat diakses oleh pengguna.

Setelah semalam diwarnai ketidakpastian, Meta akhirnya berhasil mengatasi permasalahan tersebut. Layanan Facebook dan Instagram berangsur pulih pada Rabu, 6 Maret 2024 dini hari. Meski demikian, Meta belum memberikan keterangan resmi terkait penyebab pasti dari kesalahan konfigurasi server yang memicu gangguan ini.

Meskipun saat ini pengguna sudah dapat kembali mengakses Facebook dan Instagram, kejadian ini menjadi pengingat akan ketergantungan kita terhadap platform digital. Gangguan seperti ini, walaupun bersifat sementara, dapat berdampak signifikan terhadap aktivitas komunikasi dan keseharian banyak orang.

Berikut ringkasan dari peristiwa tersebut:

  • Tanggal Kejadian: Selasa, 5 Maret 2024
  • Waktu Kejadian: Sekitar pukul 22.00 WIB
  • Platform Terdampak: Facebook dan Instagram
  • Masalah yang Dialami Pengguna: Kesulitan login dan koneksi server
  • Penyebab: Kesalahan konfigurasi server (berdasarkan informasi dari Meta)
  • Status Saat Ini: Layanan sudah pulih

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut