get app
inews
Aa Read Next : Tips and Trik Agar Tubuh Tetap Bugar

Tips mengobati perut kembung secara alami

Rabu, 19 April 2023 | 13:01 WIB
header img
Sumber foto okezone

PROBOLINGGO,iNewsprobolinggo.id - Penyebab perut kembung umumnya dikarenakan proses pencernaan makanan yang tidak lancar. Perut kembung adalah kondisi yang terjadi ketika sistem pencernaan tidak mampu memecah komponen makanan tertentu. Beberapa makanan memang lebih sulit untuk dicerna tubuh. Seperti gluten dan gula pada produk susu atau buah.

Dalam sistem pencernaan sendiri terkandung gas nitrogen dan oksigen. Nah, ketika proses pencernaan makanan berlangsung, akan terbentuk gas hidrogen, karbon dioksida, dan metana.

Pada saat itulah, ketika proses pencernaan tidak lancar, maka akan terjadi penumpukan gas yang menyebabkan perut kembung.

Selain itu, faktor pemicu atau penyebab perut kembung bisa dari kebiasaan makan atau gangguan kesehatan.

Tapi tidak usah khawatir, karena obat kembung paling ampuh ternyata bisa ditemukan di dapur Anda. Ya, beberapa rempah ternyata bisa menyembuhkan perut kembung dengan cepat.

Kembung adalah kondisi ketika gas terperangkap di dalam usus besar atau usus kecil. Ketika gas tersebut berhasil melewati usus dan keluar melalui anus, itu lah yang dinamakan kentut.

Orang dengan masalah perut kembung akan merasa sangat tidak nyaman. Kondisi ini bisa terjadi karena minum minuman berkarbonasi, makan sesuatu yang masih terlalu panas, makanan penas, ataupun makanan rendah karbohidrat atau bebas gula.

Ketika masalah ini muncul, solusi yang bisa dilakukan untuk mengobati perut kembung dapat mengandalkan produk alami ataupun obat yang dibeli di apotek.

Nah, di artikel ini MNC Portal coba menjelaskan pada Anda obat alami dan obat di apotek yang bisa mengobati kembung. Menurut laman Brigham and Women's Health dan WebMD, berikut penjelasan selengkapnya:

Obat alami mengatasi perut kembung

1. Teh peppermint

2. Teh kamomil

3. Jintan

4. Ketumbar

5. Kunyit

6. Jahe

Obat kembung yang dijual bebas di apotek

1. Pepto-Bismol

2. Arang aktif

3. Simetikon

4. Enzim laktase

5. Beano

Kebanyakan masalah perut kembung akan sembuh dengan sendirinya. Tapi, Anda harus ke dokter jika muncul gejala penyerta seperti ada darah di tinja, diare, nyeri dada, nyeri perut, penurunan berat badan secara tiba-tiba, atau hilangnya nafsu makan yang tidak bisa dijelaskan alasannya.

"Kembung yang tidak sembuh dalam beberapa hari juga perlu pemeriksaan lebih lanjut. Sebab, kembung bisa disebabkan oleh kondisi serius dan itu harus diselidiki oleh dokter," jelas laporan WebMD, dikutip MNC Portal.

Demikian informasi soal obat kembung paling ampuh yang mesti Anda ketahui. Bukan sekadar minum obat, tapi mengatasi perut kembung juga artinya mesti mengubah gaya hidup yang lebih sehat termasuk mengontrol asupan makanan supaya tidak berlebihan atau hindari pencetus masalah sesuai dengan kondisi Anda.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut