get app
inews
Aa Read Next : Tips and Trik Agar Tubuh Tetap Bugar

Anda Sering Kesemutan di Tangan?? Coba Cara Ini Yuk!

Kamis, 08 Juni 2023 | 17:58 WIB
header img
Sumber foto okezone

PROBOLINGGO,iNewsprobolinggo.id - Rasa kesemutan, baik di tangan atau kaki, merupakan gejala yang sering muncul. Meski kesemutan biasanya bersifat sementara, bagi sebagian orang cukup mengganggu.

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab seseorang merasa kesemutan. Biasanya, kesemutan disebabkan adanya tekanan pada saraf atau pengaruh sirkulasi yang buruk.

Hal tersebut bisa terjadi saat seseorang menindih tangan atau duduk dengan posisi kaki bersila terlalu lama. Namun, sebenarnya tidak perlu khawatir berlebihan.

Kesemutan memang umum dan bisa dialami siapa saja. Namun, sebaiknya kesemutan jangan dibiarkan. Lantas, bagaimana cara mengatasi kesemutan?

Cara menghilangkan kesemutan di tangan secara alamisebaiknya diketahui oleh banyak orang. Sebab kesemutan di tangan bisa menyerang siapa saja.

Dilansir dari Style Craze, secara medis kesemutan disebut sebagai paresthesia. Di mana hal ini juga dapat disebabkan oleh kerusakan saraf yang parah, dan memerlukan perhatian medis segera jika berlangsung lama.

Terkadang sensasi kesemutan bisa disertai dengan mati rasa, lemas, atau nyeri di tangan dan kaki. Tidak nyaman dan mengganggu, bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.

Lalu bagaimana cara mengatasi kesemutan secara alami?

1. Pijat

Jika Anda merasakan kesemutan, maka bisa meijatnya secara perlahan-lahan. Hal ini akan membuat bagian tubuh yang kesemutan bisa lebih reda, meskipun tidak secara langsung namun Anda akan merasa lebih baik.

Anda dapat memijat bagian tubuh yang kesemutan dengan menggunakan minyak, seperti minyak kelapa, zaitun atau olive oil. Hal tersebut akan membantu melemaskan pijatan untuk meredakan rasa kesemutan, yang membuatnya semakin reda.

2. Kompres dengan Air Hangat

Selanjutnya, jika Anda merasa kesemutan bisa mengompresnya dengan air hangat. Kemudian dapat sirkulasi darah normal, sehingga dapat membantu meredakan tangan kesemutan akibat kurang lancarnya peredaran darah.

Caranya, ambil kompres hangat dan letakkan di area yang terkena. Biarkan selama 5 hingga 7 menit. Kemudian ulangi tiga kali, hingga kesemutan Anda redam.

3. Lakukan peregangan

Kemudian latihan peregangan yang dapat membantu melancarkan peredaran darah, serta bisa mengatasi kesemutan ringan.

Tak hanya itu saja, latihan peregangan juga dapat dilakukan secara perlahan. Segera hentikan jika terasa nyeri. Selanjutnya, konsultasikan dengan dokter sebelum melakukan latihan peregangan.

4. Makan-makanan sehat

Kekurangan vitamin adalah salah satu dari banyak penyebab mati rasa dan kesemutan. Oleh karena itu, penting untuk mengikuti diet kaya semua nutrisi yang dibutuhkan untuk berfungsinya tubuh Anda.

Makanan yang dapat melawan sensasi kesemutan di tubuh yaitu sebagai berikut:

Brokoli – Mengandung fitonutrien i yang menyeimbangkan hormon dalam tubuh Anda. Ini, pada gilirannya, meningkatkan penyerapan vitamin oleh tubuh Anda.

Makanan kaya vitamin B, seperti sereal gandum, daging, unggas, ikan, susu, telur, polong-polongan, dan kacang-kacangan.

Buah dan sayuran segar yang kaya akan antioksidan, seperti buah beri, bayam, kangkung, tomat, bawang bombay, dan kangkung.

Protein tanpa lemak, seperti yogurt, ikan, dan tahu, dapat membantu membangun dan memperbaiki jaringan dan saraf.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut