get app
inews
Aa Read Next : Tips and Trik Agar Tubuh Tetap Bugar

Ini 5 Tips Menyimpan Pisang agar Tak Cepat Busuk

Jum'at, 02 Juni 2023 | 16:22 WIB
header img
Sumber foto okezone

PROBOLINGGO,iNewsprobolinggo.id - Jika Moms penggemar buah pisang, maka Moms perlu mengetahui cara menyimpan pisang agar tidak cepat membusuk. 

Pisang memang buah yang paling mudah ditemukan pada setiap kesempatan dengan harga yang juga cukup terjangkau.

Selain terjangkau, dikutip dari Live Science dijelaskan bahwa pisang juga disebut sebagai buah paling menarik di dunia.

Data PBB menyebutkan, ekspor pisang global mencapai sekitar 18 juta ton pada 2015. Sekitar setengah dari jumlah tersebut pergi ke pasar Amerika Serikat dan Eropa.

Menurut Departemen Pertanian AS, pisang menjadi buah segar favorit warga AS. Mereka mencatat nilai konsumsi pisang setiap orang adalah 5.3 kg pisang per tahun.

Bukan hanya itu, buah kuning melengkung yang satu ini juga kerap dikaitkan dengan manfaat kesehatan karena kandungan nutrisinya.

Seorang ahli gizi dari San Diego, Laura Flores mengatakan, pisang kaya akan kalium dan pektin, salah satu bentuk serat.

Pisang memang menjadi buah cepat sekali busuk dan menghitam, jika tidak disimpan dengan benar. Karena itu, ada beberapa langkah sederhana yang dapat kamu lakukan untuk menjaga pisang tetap segar dan tahan lama.

Berikut ini adalah 6 cara agar pisang tahan lama dan tak mudah busuk, yang dapat kamu coba di rumah.

Bungkus Batang Pisang dengan Bungkus Plastik

Bungkus bagian batang pisang dengan plastik wrap, atau aumunium foil untuk memperlambat proses pematangan. Hal itu dikarenakan, pisang mulai matang segera setelah dipetik dari pohon karena gas etilen yang terlepas dari batangnya. Namun, untuk hasil terbaik, pisahkan pisang dan bungkus batangnya satu per satu.

Bekukan Pisang

Membekukan pisang, jadi salah satu cara termudah untuk menjaganya tetap awet untuk digunakan dalam jangka waktu yang lebih panjang. Untuk memudahkan penyajian pisang yang dibekukan, kamu juga bisa memotong-motong pisang yang telah dikupas kemudian dimasukkan ke dalam kantong.

Gantung Pisang

Ternyata ada alasan ilmiah mengapa kamu harus menggantung pisang di pengait. Jika kamu menggantung pisang di pengait, gas etilen bekerja lebih lambat.

Jangan Menyimpan Pisang dengan Buah lain

Pisang menghasilkan gas etilen secara alami, yang mempercepat pematangan buah-buahan lain di sekitarnya. Oleh karena itu, sebaiknya pisang disimpan terpisah dari buah-buahan lain untuk mencegah pembusukan mereka.

Masukkan Pisang Matang ke dalam Kulkas

Saat pisang sudah matang kamu bisa lho menyimpan pisang di dalam lemari pendingin yang mana suhu dingin akan mencegahnya matang lebih lanjut (setidaknya untuk beberapa hari).

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut