get app
inews
Aa Read Next : Cara Mudah Tukar Uang Baru di Bank: BNI, BRI, BCA, Mandiri, dan Jatim

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Peringkat ke 2 di Negara G20

Selasa, 24 Januari 2023 | 04:05 WIB
header img
Menteri BUMN Erick Thohir (Foto: iNewsProbolinggo.id/iNews.id

JAKARTA, iNewsProbolinggo.id - Pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini tembus 5 persen. Pertumbuhan ekonomi Indonesia di atas rata-rata pertumbuhan ekonomi dunia. Bahkan menempati peringkat kedua di negara-negara G20, di bawah India dengan 6,1 persen. 

"Perbandingannya dengan negara-negara G20 posisi kita sangat baik, ini konteks menarik. Artinya, posisi kita sudah baik, apakah kita ada kekurangan, pasti ada," kata Menteri BUMN, Erick Thohir, Senin (23/1/2023). 

Menurutnya, berdasarkan proyeksi International Monetary Fund (IMF), pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini di atas China dengan 4,40 persen maupun Amerika Serikat (AS) dengan 1 persen. Sedangkan negara-negara G20 lainnya, seperti Italia, Jerman, Rusia, diproyeksikan mengalami pertumbuhan ekonomi negatif.

"Dinamika ke depan ditentukan oleh kebijakan hari ini. Situasi ekonomi pascapandemi kita lihat rata-rata pertumbuhan ekonomi dunia sampai 2027. Itu ada di 4,3 persen (data IMF)," ujar Erick. 

Dia menambahkan, keseriusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam meningkatkan akselerasi hilirisasi sumber daya alam (SDA) menjadi kunci pertumbuhan ekonomi sekarang dan di masa depan. 

Sumber ; iNews.id

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut