get app
inews
Aa Read Next : PMK Melandai, Disperta Kabupaten Probolinggo Tetap Genjot Vaksinasi

Temukan Virus pada Puluhan Sapi, Diperta Probolinggo Waspadai PMK Gelombang Dua

Minggu, 15 Januari 2023 | 18:33 WIB
header img
Diperta waspadai PMK gelombang dua (foto : instagram endlessprobolinggo)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Dinas Pertanian (Diperta) Kabupaten Probolinggo, kembali mewaspadai Penyakit Mulut dan Kaki (PMK) gelombang ke dua. Hal itu dilakukan, karena sebanyak 34 ekor sapi ditemukan positif terpapar virus PMK ini.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner, drh Nikolas Nuryulianto, mengatakan, kalau peningkatan kewaspadaan dilakukan berdasarkan surat Kepala Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur, perihal kesiapsiagaan darurat PMK dan persiapan pelaksanaan vaksinasi PMK di Jawa Timur tahun 2023.

"Peningkatan kesiapsiagaan kewaspadaan PMK gelombang kedua ini Bukan hanya dilakukan di Kabupaten Probolinggo saja, melainkan di seluruh kabupaten/kota di Indonesia," terangnya. Minggu (15/1/2023). 

Nikolas menjelaskan, kalau puluhan ternak yang terpapar PMK ditemukan setelah petugas teknis memeriksa kondisi ternak, milik para peternak. Namun beruntung, semua ternak yang terpapar itu masih belum ada yang mati.

Dan ternak yang terpapar itu, keseluruhan ternak yang belum divaksin sehingga perlu penanganan khusus, agar cepat disembuhkan. Apalagi penanganan PMK gelombang dua, masih belum diterima sepenuhnya oleh masyarakat.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut