get app
inews
Aa Read Next : Kisah Ketulusan Hati Mak Iyah, Lansia 70 Tahun Ikhlas Bersihkan Masjid Setiap Hari tanpa Imbalan

Menhan Apresiasi Penanggulangan Bencana Erupsi Gunung Semeru

Kamis, 08 Desember 2022 | 21:24 WIB
header img
Prabowo saat mengapresiasi penanggulangan bencana di lumajang (foto: Ardi/iNewsprobolinggo.id)

lUMAJANG, iNews.id - Menteri Pertahanan (Menhan) Republik Indonesia, Prabowo Subianto mengapresiasi penanggulangan bencana yang telah dilakukan oleh lembaga pemerintah daerah, TNI dan Polri. Utamanya atas kerjasama, serta kerja keras dalam membantu warga terdampak erupsi

"Pemerintah daerah, TNI dan Polri saya lihat kerja keras bersama-sama untuk segera membantu rakyat," ujarnya, saat mengunjungi lokasi pengungsian bencana Erupsi Semeru, di SDN 04 Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang, Kamis (8/12/2022).

Menhan juga mengungkapkan, bahwa maksud kunjungannya tersebut, adalah untuk mengetahui secara langsung keadaan atau kondisi terkini, pasca bencana erupsi Gunung Semeru.  

"Saya ingin melihat keadaan dan ingin mendengar kesulitan-kesulitan yang masih diatasi," ungkapnya. 

Dalam kunjungan itu, Menhan juga menyerahkan bantuan sembako kepada para pengungsi, serta 10 motor Kawasaki KLX 150 kepada Danramil 0821/14 Pronojiwo, Lumajang.

Sementara Bupati Lumajang, Thoriqul Haq (Cak Thoriq) mengatakan, bahwa pihaknya telah menyediakan hunian tetap sebanyak 1.951 unit, untuk warga-warga terdampak bencana erupsi. Utamanya bagi tempat tinggal warga yang mengalami rusak berat, serta berada pada zona merah. 

Menurutnya, bencana erupsi yang terjadi pada 4 Desember 2021 kemarin, mengakibatkan banyak rumah-rumah yang tertimbun material dan mengalami rusak berat. 

"Erupsi Semeru itu yang paling terdampak tahun lalu, bertepatan 4 Desember ada 1.951 keluarga yang terdampak," ujarnya. 

Ia menambahkan, dari keseluruhan jumlah masyarakat yang terdampak, saat ini telah tercatat 1.200 KK yang telah tinggal di lahan relokasi. 

"Dari 1951 KK, sekarang sudah masuk sekitar 1.200, tinggal sisanya secara bertahap, InsyaAllah minggu depan kita akan masuk tahap ke 8, dan ada 200 keluarga yang kita masukkan," imbuhnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati (Bunda Indah) serta Dandim 0821 Lumajang, Letkol Czi. Gunawan. ( Ardi )

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut