get app
inews
Aa Read Next : Berikut 6 Negara Penghasil Timah Terbesar di ASEAN

Industri Otomotif RI Berpotensi Besar Tumbuh di Masa Depan

Senin, 21 November 2022 | 19:30 WIB
header img
Menko : Airlangga Hartarto (foto/sumber : iNews.id)

KARAWANG, iNewsProbolinggo.id - Menteri Koordinator bidang Perekonomia Airlangga Hartarto mengatakan, Indonesia merupakan pasar kendaraan bermotor terbesar di Asia Tenggara (ASEAN). Karena itu, industri otomotif memiliki potensi besar untuk tumbuh di masa depan. 

Pertumbuhan sektor otomotif berada di atas pertumbuhan ekonomi nasional.  Pada kuartal III-2022, perekonomian Indonesia tetap melanjutkan pertumbuhan positif sebesar 5,72 persen (yoy).

“Indonesia adalah pasar kendaraan bermotor terbesar di ASEAN. Akan tetapi, Car Ratio R4 di Indonesia masih relatif rendah yaitu sebesar 99 mobil per 1.000 penduduk, menandakan industri otomotif masih berpotensi besar untuk tumbuh di masa depan,” kata Menko Airlangga Hartarto acara The First Production of  Local Electrified Vehicle: From Indonesia to the World, yang diadakan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Karawang, Senin (21/11/2022).

Menurutnya, Industri Alat Angkutan merupakan salah satu sektor industri yang tergabung dalam industri pengolahan nonmigas. Sektor ini pun bertumbuh cukup signifikan sejak kuartal II 2021 lalu, sehingga mampu meneruskan tren pemulihan sampai tumbuh mencapai 10,26 persen pada kuartal III2022. 

Dia menambahkan, utilisasi industri kendaraan bermotor pada Oktober 2022 lalu mencatatkan capaian sebesar 69,2 persen, sudah meningkat lebih tinggi dibandingkan selama pandemi yang rata-rata hanya sebesar 40 persen. 

"Ke depannya, sektor industri diharapkan mampu untuk terus tumbuh dan tercermin dari Purchasing Manager Index (PMI) Manufaktur Indonesia yang kembali mengalami ekspansi ke level 51,8 pada Oktober 2022 atau meneruskan tren ekspansif 14 bulan berturut-turut," katanya. 

Sumber : http://inews.id/

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut