get app
inews
Aa Read Next : DPC Sarbumusi Kabupaten Probolinggo Peringati Hari Buruh Internasional Dengan Bersholawat

KH. Ahmad Dahlan, Pendidikan, dan Era Digital

Selasa, 08 November 2022 | 14:48 WIB
header img
Ilustrasi

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Era digitalisasi adalah era yg dimana semua hal diharuskan beralih kedigital. Era sendiri apabila diartikan ke bahasa indonesia adalah zaman. Sedangkan digitalisasi adalah proses peralihan dari yang sebelumnya memakai cara konvensional beralih ke digital. Artinya era digital adalah zaman dimana terjadi peralihan dari yang awalnya konvensional menjadi cara yang digital.

Era digitalisasi membuat kita bisa menjangkau berbagai hal dari seluruh dunia. Yang awalnya kita hanya bisa berkomunikasi dengan orang disekitar, kini bisa berkomunikasi dengan orang yang berada jauh dengan kita. Bukan hanya didalam negeri, tekhnologi membuat kita juga bisa berkomunikasi dengan orang di seluruh penjuru benua. Dengan jangkauan yang luas ini, kita bisa memanfaatkan tekhnologi untuk melakukan berbagai hal yang menjadi kepentingan kita salah satunya dalam hal pendidikan.

Pendidikan merupakan salah satu aspek yg mengalami digitalisasi. Kurikulum yang awalnya dibentuk tanpa mempertimbangkan tekhnologi kini harus menyesuaikan dengan era digitalisasi. Era digitalisasi ini sangat mempermudah bagi guru maupun siswa untuk menjalankan kurikulum yang sudah disahkan oleh kementerian pendidikan. Guru dan siswa merasakan hal yang sama akan perubahan digitalisasi ini.

Kegiatan belajar jarak jauh. Pembelajaran yang awalnya hanya dilakukan diruang kelas kini juga beralih kekelas online. Sistem pembelajaran yang awalnya guru didepan mengajar dan murid dibelakang mendengarkan, kini guru dan murid hanya duduk di depan laptop atau hp dirumah masing-masing. Yang awalnya murid diawasi langsung oleh guru kini pengawasan langsung dari orang tua atau tidak ada pengawasan sama sekali. Dengan sistem yang seperti itu orang tua dan guru sama-sama tahu akan kemampuan anaknya dalam menerima materi pembelajaran.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut