Logo Network
Network

Komunitas Sahabat Laut Probolinggo Terjun ke Laut Usai Upacara HUT RI

Gianto
.
Rabu, 17 Agustus 2022 | 21:50 WIB
Komunitas Sahabat Laut Probolinggo Terjun ke Laut Usai Upacara HUT RI

PROBOLINGGO, iNews.id - Puluhan Anggota Komunitas Sahabat Laut di Probolinggo menggelar upacara Peringatan HUT RI ke-77 , di Pelabuhan Pantai Perikanan (PPP) Mayangan, Rabu (17/08/2022). Menariknya, usai menggelar upacara mereka langsung terjun ke laut. 

Pembina upacara, Buchori mengatakan, banyak makna yang termaktub di hari Kemerdekaan RI. "Indonesia merdeka itu, tepat pada hari Jumat," katanya. 

Mantan Wali Kota Probolinggo itu menjelaskan, Bung Karno memilih hari Jumat untuk Kemerdekaan RI, karena hari itu memiliki sejarah yang luar biasa "Nabi Adam meninggal itu di hari Jumat. Nabi Adam keluar dari surga juga di hari Jumat," tuturnya. 

Tidak hanya itu, Bumi diciptakan oleh Tuhan juga tepat di hari Jumat. Dan hari kiamat besok, juga tepat di hari Jumat. "Makanya Bung Karno memilih hari Jumat karena banyak arti yang sangat luas," timpalnya. 

Sementara itu, salah satu peserta upacara, Agus Riyanto mengatakan, pelaksanaan upacara HUT RI ke-77 diselimuti nuansa haru. Itu terlihat, ada sebagian peserta yang sampai berlinang air mata. 

"Sangat terharu. Betul-betul terharu sekali pelaksanaan upacara HUT RI kali ini," kata Agus Riyanto yang juga anggota DPRD Kota Probolinggo ini. 

Menurutnya, para peserta upacara tahun ini terdiri dari para sahabat laut. Mereka adalah para pencinta laut yang setiap harinya, melakukan aktifitas jegur di laut.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News

Bagikan Artikel Ini