get app
inews
Aa Read Next : Isi Kekosongan Untuk Pelayanan, Pemdes Kedungsumur Lantik Dua Kasun

Desa Alasnyiur, Desa Di Probolinggo Yang Miliki Banyak Potensi

Kamis, 23 Juni 2022 | 14:43 WIB
header img
Potensi batik yang diproduksi di desa alasnyiur sudah merambah pasar luar kota bahkan antar provinsi (foto:rifan/iNews.id)

PROBOLINGGO, iNews.id - Desa Alasnyiur, Kecamatan Besuk, Kabupaten Probolinggo merupakan desa yang memiliki berbagai macam potensi desa untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Salah satunya adalah usaha Batik yang menjadi icon khas desa setempat.

Batik tersebut berlokasi di Dusun Krajan, Rt 3, Rw 1, desa setempat. Selain batik ada pula tempat pengelolaan pakan ternak yang menggunakan cara fermentasi. Pusat fermentasi milik kelompok tani setempat yang berlokasi di Dusun Masjid Rt 7, Rw 2.

Kepala Desa Alasnyiur, Hasan Basri mengatakan kalau selain pada potensi tersebut, progam desa juga didukung dengan keaktifan para warganya. Contohnya lembaga kepemudaan atau yang disebut karang taruna terus aktif, baik dibidang olahraga ataupun kegiatan lainnya. Ada pula kelompok forum anak, dari tingkat SD dan SMP.

Saking aktifnya kelompok ini sudah bekerjasama dengan beberapa pihak, meliputi Lembaga Swadaya Masyarakay (LSM) LPKP Jawa Timur, LSM Jarak, Jakarta dan salah satu lembaga yang ada di Swiss.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut