get app
inews
Aa Read Next : Suara Adzan Merdu Pj Walikota Probolinggo Saat Acara Pelepasan Jamaah Haji

Inilah Makam yang Sering Diziarahi Jamaah Haji Indonesia di Arab Saudi

Kamis, 23 Juni 2022 | 09:07 WIB
header img

2. Makam Rasulullah SAW

Makam Rasulullah SAW terletak di kompleks Masjid Nabawi. Bersisian dengan makam Rasulullah, terdapat pula makam Abu Bakar Ash-Shiddiq dan Umar bin Khattab. Makam Rasulullah berada di bawah kubah hijau Masjid Nabawi. 

Para jemaah haji yang datang ke Masjid Nabawi tidak lupa untuk berziarah ke makam Rasulullah dan kedua sahabatnya ini. Saat ini, ketiga makam sudah ditutup beton persegi dengan dinding luar yang telah diukir.

3. Makam Baqi

Makam Baqi merupakan kompleks pemakaman di Madinah yang makam-makamnya tidak bernama. Makam-makam di sini hanya ditandai dengan seonggok batu, tanpa ada nisan yang bertuliskan nama. Makam yang terletak di sebelah timur Masjid Nabawi ini menjadi tempat para sahabat dan keluarga Nabi banyak dimakamkan.

Para jamaah haji yang meninggal di Madinah juga dimakamkan di sini dulu, namun sekarang sudah tidak lagi. Pemakaman ini termasuk tertua yang sudah ada sejak zaman jahiliyah. Jamaah yang diperbolehkan masuk ke area makam juga hanya jamaah laki-laki, sedangkan jamaah perempuan hanya boleh berdoa dari luar makam.

4. Makam Syuhada Uhud

Para syuhada yang gugur saat Perang Uhud melawan kaum Quraisy, dimakamkan di Jabal Uhud. Sebanyak 70 syuhada perang wafat dan dimakamkan di sini. Salah satunya adalah paman Rasulullah yang dikenal sebagai Singa Padang Pasir, Sayyidina Hamzah RA.

Para jemaah haji disunnahkan untuk berziarah ke sini guna memberikan doa dan salam kepada para syuhada.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut