get app
inews
Aa Read Next : DPC Sarbumusi Kabupaten Probolinggo Peringati Hari Buruh Internasional Dengan Bersholawat

Tim TPC Ganjar-Mahfud Kota Probolinggo Lakukan Ziarah, Teladani Nilai Tiga Leluhur

Jum'at, 08 Desember 2023 | 18:59 WIB
header img
Tim pemenangan Ganjar Mahfud saat ziarah di makam bupati Probolinggo pertama ( Foto : iNewsProbolinggo.id / Ide Nasution)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Tim Pemenangan Cabang (TPC) Ganjar-Mahfud Kota Probolinggo melaksanakan ziarah ke makam Bupati Probolinggo pertama, Kiai Djojolelono, Bupati Kedua Raden, Tumenggung Djojonegoro, dan Mbah Gimbal atau KH. Aby Hamidin yang sering didatangi peziarah dari dalam, maupun luar kota, terutama yang punya hajat khusus.

Ziarah makam ini dipimpin langsung oleh Ketua TPC Ganjar-Mahfud Kota Probolinggo, Haris Nasution di dampingi beberapa pengurus diantaranya: Agus Riyanto, Elok Hanifah, Titin Andriani, dan Ketua Partai pendukung seperti David Rosidy (PPP), Dedy Suyanto (Hanura), Hartono (Perindo), beserta relawan Ganjar-Mahfud.

Kegiatan ziarah ini diawali ke makam Bupati Probolinggo pertama, Kiai Djojolelono di Pemakaman Kampung Sentono, Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo. Kiai Djojolelono sendiri menjabat sebagai Bupati pada tahun 1748-1768. Ziarah makam ini dibuka dengan pembacaan surat Yaasin dan kemudian dilakukan tahlil ditutup dengan doa bersama. 

Kegiatan yang sama juga dilakukan di makam Bupati Probolinggo kedua, Raden Tumenggung Djojonegoro yang berada di komplek pemakaman umum di belakang Masjid Agung Raudlatul Jannah Kota Probolinggo. Raden Tumenggung Djojonegoro memimpin dalam kurun waktu 1768 hingga 1805, dan Mbah Gimbal.

Seusai acara tahlil dan doa bersama dilanjutkan dengan pelaksanaan tabur bunga di makam Kiai Djojolelono, Tumenggung Djojonegoro, dan Mbah Gimbal. Tabur bunga ini diawali oleh Ketua Tim, Haris Nasution. Kemudian dilanjutkan oleh ketua partai pendukung dan relawan Ganjar - Mahfud.

Ketua TPC Ganjar-Mahfud Kota Probolinggo, Haris Nasution mengatakan, ziarah ini untuk mengenang dan menghormati para leluhur yang telah berjasa mendirikan dan membangun Probolinggo, khususnya Kiai Djojolelono sebagai Bupati pertama dan Raden Tumenggung Djojonegoro sebagai Bupati kedua, dan tokoh kharismatik Mbah Gimbal atau Kyai Aby Mahidin, Jum'at (08/12/23).

“Jasa-jasa orang yang telah berjuang terhadap kemajuan Probolinggo harus kita hargai bersama. Semoga ziarah ini membawa keberkahan. Semoga Ganjar-Mahfud menang di Kota Probolinggo, maupun nasional,,"ucap Haris Nasution.

Juru kunci makam Mbah Gimbal, Slamet Riyanto mengatakan, mereka yang berziarah ke makam kebanyakan orang-orang yang punya hajat khusus. Misalnya, ingin menjadi pejabat pemerintahan, anggota dewan, atau kepala desa. Bahkan, sampai sekarang ada sejumlah anggota dan mantan anggota DPRD Kota Probolinggo yang sering ziarah ke makam Mbah Gimbal.

”Kalau mendekati pemilihan kepala daerah atau pencalegan, banyak peziarah yang datang. Bahkan dari luar daerah juga banyak ke makam Mbah Gimbal ini,”tuturnya.

Selain sering didatangi peziarah, di makam Mbah Gimbal ada pengajian rutin tiap malam Jumat Manis yang digelar oleh ibu-ibu warga sekitar. 

"Biasanya, pengajian dihadiri 50 orang lebih yang diadakan setelah magrib. Kemudian, Jumat Manis siang harinya banyak datang ziarah. Alhamdulillah, banyak yang datang ziarah ke makam Mbah Gimbal. Bahkan sampai sekarang,”pungkas Slamet.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut