Berolahraga Saat Puasa, Ini Waktu yang Tepat

andie

PROBOLINGGO, iNews.id - Sebagian orang bingung untuk melakukan rutinitas olahraga saat memasuki bulan Ramadan. Kapan waktu yang tepat berolahraga agar tidak mengganggu ibadah puasa? Simak penjelasan berikut ini.

Menurut dokter spesialis olahraga Elsye Sp.KO, olahraga di tengah puasa Ramadan tentu masih bisa dilakukan. Ada tiga opsi melakukannya, ketiga waktu tersebut sama baiknya.

"Tips jam berolahraga di bulan Ramadan sebaiknya disarankan satu sampai dua jam setelah berbuka puasa," ujar dr Elsye dalam webinar spesial Ramadan, Jumat 8 April 2022.

Ia mengatakan saat memilih waktu setelah berbuka puasa, olahraga bisa diimbangi dengan asupan yang dikonsumsi kala berbuka. Ketika makanan yang dikonsumsi ringan maka bisa dijeda satu jam setelah berbuka puasa dan bisa melakukan olahraga.

Ketika berbuka menyantap sajian berat maka perlu menunda sekira dua jam. "Makanannya ringan saja bisa dijeda satu jam baru melakukan exercise. Tetapi kalau kita mau makanan porsis besar boleh diberi jeda sekitar dua jam setelah berbuka puasa," tambahnya.

Dr. Elsye mengatakan jika masyarakat lebih menyukai olahraga sebelum berbuka puasa juga bisa dilakukan. Namun perlu diingat, latihan fisik (exercise) yang dipilih yaitu ringan, sebab energi dalam tubuh tidak begitu banyak.

Kita bisa memilih waktu menjelang buka puasa yaitu 1 jam atau 30 menit sebelumnya. "Kita bisa melakukan latihan fisik dengan intensitas yang ringan saja. Supaya bisa memberinya energi setelah berbuka puasa," jelas dr Elsye.

Pilihan terakhir yaitu bisa melakukan olahraga setelah sahur. Perlu diperhatikan durasi dan intensitas latihannya yang ringan karena setelah olahraga harus beraktivitas sehari-hari agar tidak lemas.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network