Smart Village, Program Andalan Pemkab Probolinggo Dalam Perkembangan Pelayanan Berbasis Digital

Raphel Azizah
Pelatihan saat berlangsung (foto : iNewsProbolinggo.id/Angga)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Program Pemerintah Kabupaten Probolinggo dalam pengembangan di sektor pelayanan, kini program "Smart Village", atau Desa Cerdas itu, lebih dimasifkan. Terlihat dalam giat sosialisasi pelayanan digital desa, dengan tema Krejengan Smart Village.

Kepala Desa Krejengan, Kabupaten Probolinggo Nurul Huda mengatakan, giat sosialisasi tersebut digelar di Perpustakaan desa selama dua hari, pada kamis (26/9/2024) hingga Jumat (27/9/2024).

"Giat ini bertujuan untuk lebih mengedukasi masyarakat, terkait demgan perkembangan zaman yang saat ini sudah memasuki era digitalisasi seperti saat ini," terangnya.

Huda menjelaskan, era seperti saat ini, membuat masyarakat agar terus mengikuti perkembangan teknologi, khususnya yang berbasis digital.

"Oleh sebab itu, kami dari Dinas perpustakaan, dan Kearsipan Kabupaten Probolinggo menggelar berbagai pelatihan digital," ucapnya.

Seperti pelatihan penggunaan E-Book Perpustakaan digital, sosialisasi pelayanan digital desa berbasis website, Pelatihan script writing dan Jurnalistik, serta pelatihan teknik video editing dan photo editing.

Bahkan selama giat program sosialisasi digital tersebut juga melibatkan berbagai lapisan masyarakat. Seperti halnya Karang Taruna, Nahdlatul Ulama, PKK dan lapisan masyarakat lainnya.

Di lain sisi, Pustakawan Muda Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Probolinggo Hesthiyono Suko Adhi, S.Sos menyampaikan akan ada replika desa digital ini sebanyak 325 perpustakaan desa cerdas di Kabupaten Probolinggo.

"Harapannya begitu, nantinya Desa Krejengan ini diharapkan bisa menjadi replika di 325 desa di Kabupaten Probolinggo, jadi paling lambat, kami targetkan di tahun 2028 mendatang seluruh desa menjadi desa cerdas berbasis digital" tandasnya

Editor : Arif Ardliyanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network