Pawai Budaya dan Lagu Sokma Elang Iringi Pelepasan Petik Laut Desa Binor Paiton

Zainul Rifan
Kades Binor diikuti sinden saat mengitari perahu jitek yang akan dilepas (foto : iNewsProbolinggo.id/rifan)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Petik laut merupakan tradisi selamatan yang biasa dilakukan oleh masyarakat pesisir pantai. Seperti yang diselenggarakan Desa Binor, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, Minggu (21/7/2024) pagi.

Sebelum dilarung, perahu kecil yang sudah berisi sesajen tersebut di arak terlebih dahulu, dimulai dari Kantor Desa Binor menuju pantai setempat. Ratusan peserta berbagai elemen mengiri dengan memakai pakaian adat.

Setiba di pantai, jitek tersebut didoakan lalu diitari oleh Kepala Desa Binor Hostifawati sembari diiringi lagu Sukma Elang yang dibawakan oleh sejumlah sinden. Hingga akhirnya di larung ke pantai.

Selain itu juga terdapat keseruan rebut sedekah bumi yang terdiri dari buah-buahan serta sayuran yang sebelumya turut diarak mengiri perahu yang berisi sesajen.

Kepala Desa Binor Hostifawati mengatakan, jika kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutin yang terus dilaksanakan setiap tahunnya dengan sebutan festival pelestarian  karangkranji. Atau melestarikan karang yang berada di laut Binor.

"Saya ucapkan banyak terimakasih kepada semua yang telah mendukung kegiatan ini," terangnya.

Hostifawati berharap, dengan kegiatan selamatan tersebut bisa menambah barokah bagi masyarakat, khususnya para nelayan setempat dengan tangkapan ikan yang melimpah.

"Semoga karang kranji terjaga sehingga nelayan banyak mendapat tangkapan ikan," paparnya.

Sementara itu, Camat Paiton Imam Syafi'i mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya, kegiatan petik laut merupakan tradisi positif yang perlu dilestarikan.

"Semoga Desa Binor tambah maju, masyarakatnya sejahtera semua," ucapnya.

Editor : Arif Ardliyanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network