Pawai Budaya dan Majlis Terak Mancorong Meriahkan Selamatan Desa Kertonegoro

Zainul Rifan

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Pemerintah Desa Kertonegoro, Kecamatan Pakuniran, Kabupaten Probolinggo menggelar kegiatan selamatan desa 2024. Pada rangkaian acara tersebut pihak desa menggelar pawai budaya dan menghadirkan majlis terak mancorong.

Majlis yang tampil pada Rabu (10/7/2024) malam itu merupakan asuhan dari KH. Holil As'ad Syamsul Arifin asal Kabupaten Situbondo. Mereka tampil dilapangan voli Desa Kertonegoro.

Sedangkan pawai budaya digelar pada Selasa (9/7/2024) siang, melewati jalur Dusun Krajan 1 menuju Dusun Keccek.

Kepala Desa Kertonegoro Abd Rahman mengatakan, jika pada selamatan desa serta tasyakuran penambahan masa jabatan kades itu terdapat beberapa kegiatan. Dan puncaknya merupakan pengajian yang dihadiri sejumlah habaib.

Ia berharap dengan kegiatan tersebut dapat menjalin kekompakan antar masyarakat, sehingga nantinya secara bersama-sama mendukung progam untuk kemajuan desa.

"Terutama perangkat desa yang sering kumpul dengan saya kalau ada yang kurang baik, saya minta masukannya sehingga bisa memperbaiki," terangnya.

Rahman menjelaskan, jika kegiatan semacam itu rutin dilaksanakan setiap tahunnya. Hanya saja di tahun ini, untuk rute karnaval dirubah yang semula dari Dusun Krajan 3 menuju Krajan 1 , kini diganti dari Dusun Krajan 1 menuju Dusun Keccek. 

"Ini ingin menunjukan kalau Desa Kertonegoro yang dipinggiran pegunungan bisa juga kegiatan seperti itu (pawai budaya, red)," katanya.

Editor : Arif Ardliyanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network