Begini Cara Grill Daging Kurban Idul Adha agar Tekstur Lembut, Enak dan Menggugah Selera!

Vien Dimyati
Ilustrasi cara grill daging kurban agar tekstur lembut, emak dan menggugah selera. Foto: Ist

JAKARTA, iNewsProbolinggo.id - Cara memanggang daging yang mudah dapat diterapkan kapan saja. Memanggang adalah proses memasak daging di atas panggangan dengan menggunakan panas langsung dari api atau bara.

Teknik ini populer karena dapat memberikan rasa yang khas dan tekstur gurih pada daging. Metode memasak dengan cara memanggang juga sering diterapkan saat momen Idul Adha ketika masyarakat mendapatkan daging kurban.

Jika Anda tertarik mengolah daging kurban untuk disajikan kepada keluarga, Anda bisa memilih memasak dengan metode memanggang.

Berikut cara grill daging kurban: 

1. Panaskan alat panggang

Tahukah Anda, setidaknya butuh waktu sekitar 30 menit untuk memanaskan alat grill agar siap digunakan. Maka dari itu, jangan tunggu tamu datang dan alat masak baru dinyalakan. Persiapkan, panaskan alat lebih awal lalu mulai masak saat arang sudah siap. Jaga suhu makanan tetap hangat dengan cara dimasukkan ke dalam oven bersuhu rendah dan kalau perlu tutupi dengan kertas foil.

2. Jangan dibolak-balik

Waspada juice asli dari daging dan sayur hilang. Jika tidak juice daging dan sayur jadi kering. Caranya, jangan terlalu sering dibolak-balik saat dipanggang, Cukup balik daging atau sayuran satu kali selama proses memanggang dan gunakan penjepit atau spatula, bukan dibalik dengan ditusuk pakai garpu.

3. Jangan ditekan

Saat memanggang daging sapi, sayuran, atau daging ayam jangan menekan-nekan permukaan memakai spatula. Hal ini malah bisa membuat cairan alaminya hilang.

4. Tambahan herbs

Menambah cita rasa daging dengan herbs, adalah memanggang herbs tersebut langsung di arang saat Anda memanggang. Jika menggunakan pemanggang gas, rendam dulu herbs dalam air dan letakkan di atas perapian sebelum meletakkan makanan di atasnya.

5. Rasa smoky

Ingin ada rasa smoky yang khas dalam daging? Caranya rendam dulu beberapa serpihan kayu (tipe kayu keras) di dalam air selama beberapa saat lalu masukkan ke dalam arang baru tutupi alat grill.

6. Teknik basting

Lakukan teknik basting pada daging dan sayuran yang dipanggang sebagai langkah terakhir. Dengan demikian, bumbu marinasi, gula, atau saus yang diolesi ke daging atau sayuran tidak sempat menjadi caramel lalu jadi gosong.

Itulah seputar cara grill daging yang mudah dan membuat tekstur lembut. Cocok disajikan kepada anggota keluarga. Selamat mencoba!

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network