Tingkatkan Pajak Daerah, Kecamatan Krucil Sosialisasikan Pentingnya Bayar Pajak

Zainul Rifan
Pelaksanaan sosialisasi di Kecamatan Krucil (foto : iNewsProbolinggo.id/didin)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Pemerintah Kecamatan Krucil, Kabupaten Probolinggo menggelar sosialisasi peningkatan pajak daerah, Jum'at (22/12/2023). Kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya membayar pajak.

Pada kegiatan yang digelar di Kantor Kecamatan krucil itu diikuti oleh seluruh perangkat dan operator desa se Kecamatan krucil.

Camat Krucil Febry Ilham Hidayat mengatakan, sejatinya untuk tunggakan pajak daerah di Kecamatan Krucil tidak terlalu besar. Meski begitu, pihaknya tetap berupaya semaksimal mungkin untuk bisa melunasi hingga 100 persen.

Hanya saja dalam pelaksanannya pihaknya masih terkendala dengan tingkat kesadaran masyarakat untuk membayar. Karena itu perlu diberikan pemahaman tentang pentingnya membayar pajak.

"Harapannya nanti ini melalui pemerintah desa, dapat memberikan kesadaran pada masyarakat," ucapnya.

Disamping itu, Kabid Pembinaan Pemerintah Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Probolinggo Ofie Agustin menjelaskan, jika pajak daerah itu merupakan salah satu penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Probolinggo.

"PAD ini bisa digunakan sepenuhnya untuk kepentingan masyarakat, tidak harus tergantung pada dana transfer pemerintah," katanya.

Sementara itu Kabid Pendapatan pada Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKAD) Kabupaten Probolinggo Muhammad Idris menjelaskan, pemerintah desa merupakan ujung tombak yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Karena itu, perlu diberikan pemahaman tentang mekanisme pemungutan pajak. Sehingga ketika turun ke masyarakat pemdes bisa menyampaikan apa yang telah disampaikan kepadanya.

"Itu sebagai bentuk kinerja mereka, agar warga punya kesadaran untuk membayar pajak," jelasnya.

Idris menambahkan, jika pajak, khususnya pajak daerah itu sangat bermanfaat bagi masyarakat. Salah satunya pembangunan jalan yang sudah dilakukan. Banyak jalan, khususnya di daerah Krucil ini dibangun dengan menggunakan pajak daerah.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network