Ini Penjelasan Tentang Perbedaan Yahudi, Zionisme dan Israel

Ahmad didin/net_probolinggo
Sumber foto okezone

PROBOLINGGO,iNewsProbolinggo.id – Meledaknya perang antara Palestina dan Israel membuat banyak orang bertanya – Tanya perbedaan antara Yahudi, Zionisme, dan Israel. Dari ketiga konsep itu sering disalahartikan dan dicampuradukkan. Berikut adalah penjelasan singkat mengenai perbedaan ketiganya:

Yahudi adalah sebuah agama Abrahamik yang berasal dari agama Yahudi kuno. Agama ini didasarkan pada kitab suci Yahudi, Taurat, dan ajaran para nabi. Penganut agama Yahudi disebut sebagai orang Yahudi.

Zionisme adalah sebuah gerakan politik yang bertujuan untuk mendirikan negara Yahudi di Tanah Israel. Gerakan ini didirikan pada akhir abad ke-19 oleh Theodor Herzl, seorang jurnalis Yahudi Austria. Zionisme menjadi dasar dari berdirinya negara Israel pada tahun 1948.

Israel adalah sebuah negara di Asia Barat yang didirikan pada tahun 1948. Negara ini terletak di wilayah Palestina yang sebelumnya dihuni oleh mayoritas orang Arab Palestina. Israel adalah negara Yahudi pertama di dunia dan merupakan satu-satunya negara di dunia yang memiliki agama resmi.

Perbedaan utama antara Yahudi, Zionisme, dan Israel adalah sebagai berikut:

Setiap orang Yahudi tidak selalu mendukung Zionisme. Ada banyak orang Yahudi yang menentang Zionisme dan mendukung keberadaan negara Palestina. Selain itu, tidak semua penduduk Israel beragama Yahudi. Ada juga penduduk Israel yang beragama Kristen, Islam, dan agama lainnya.

Meskipun ada perbedaan-perbedaan ini, ketiga konsep tersebut sering dikaitkan satu sama lain. Hal ini dikarenakan Zionisme menjadi dasar dari berdirinya negara Israel, dan negara Israel adalah negara Yahudi pertama di dunia.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network