Menghadapi Orang Marah, Begini Tips Dapat Dikerjakan

Novie Fauziah
- Menghadapi orang marah apa yang harus dilakukan. Sifat atau karakter manusia memang tidak pernah terhindar dari dosa, dan selalu ada yang dapat memprovokasi emosi. Foto:Ilustrasi

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Menghadapi orang marah apa yang harus dilakukan. Sifat atau karakter manusia memang tidak pernah terhindar dari dosa, dan selalu ada yang dapat memprovokasi emosi. Contohnya, ketika berhadapan dengan seseorang yang sedang marah.

Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani), Ustadz Ainul Yaqin, mengatakan, sifat pemarah atau sedang marah adalah perumpamaan bara api yang keluar dari jiwa manusia, kemudian didorong pergolakan emosional tak terkontrol.

"Sehingga kadang tidak mengindahkan akal sehat, dan merugikan bagi dirinya atau orang lain," katanya saat dihubungi MNC Portal beberapa waktu lalu.

Ia melanjutkan, ada beberapa tips ketika menghadapi orang yang sedang marah, yaitu di antaranya:

Pertama, pasrah kepada Allah SWT dengan membaca taawudz dan segera berwudhu untuk mendinginkan hati. Rasulullah SAW bersabda:

إِني لأعلمُ كَلِمَةً لَوْ قالَهَا لذهبَ عنهُ ما يجدُ، لَوْ قالَ: أعوذُ بالله مِنَ الشَّيْطانِ الرَّجيمِ، ذهب عَنْهُ ما يَجدُ

Artinya: "Sungguh saya mengetahui ada satu kalimat, jika dibaca oleh orang ini, marahnya akan hilang. Jika dia membaca ta’awudz: A’uudzu billahi minas syaithanir rajiim, marahnya akan hilang." (HR. Bukhari dan Muslim).

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network