BFC Menjadi Daya Tarik Warga Probolinggo dalam Peringatan HUT ke-78 RI di Desa Bucor

ahmad didin
Bucor Kulon Festival Carnaval yang digelar Pemerintah Desa, (Foto, iNewsProbolinggo.id/Didin).

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Bucor Kulon Festival Carnaval yang digelar Pemerintah Desa Bucor Kulon, Kecamatan Pakuniran, Kabupaten Probolinggo, pada Kamis (31/8/2023). Kegiatan tersebut mampu menyedot perhatian masyarakat dan mampu menggerakkan ekonomi.

Kegiatan BFC tersebut, merupakan rangakain acara Peringatan Hari Besar Nasional (PHBN) HUT Republik Indonesia dengan mengangkat tema Adat Budaya.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Camat Pakuniran, Imron Rosyadi dengan ditandai pemotongan pita di garis start atau halaman balai desa setempat.

Para peserta BFC berjalan mengelilingi jalan Desa Bucor, sejauh kurang lebih 1 kilometer. Berbagai macam kostum yang digunakan mulai dari kostum seorang ratu, peri, hingga kostum wali songo.

Berbagai macam bahan kostum yang digunakan, mulai dari barang - barang bekas yang dirangkai menjadi kostum yang sangat cantik, hingga kostum jadi seperti pakaian seorang ratu.

Peserta BFC didominasi oleh anak - anak yang sangat antusias, mengikuti acara tersebut dengan berjalan sambil menari mengkuti iringan musik.

Kepala Desa Bucor Kulon, H. Abd. Sukur mengatakan, kegiatan tersebut merupakan rangkaian kegiatan PHBN HUT ke-78 Republik Indonesia, yang digelar mulai tanggal 14 Agustus 2023 sampai 1 September, dengan kegiatan lomba tarik tambang, catur, lari karung, panjat pinang, hingga carnaval.

"Alhamdulillah warga Bucor Kulon kompak dari RT 1 sampai 28, semua antusias mengikuti kegiatan agustusan ini", ungkapnya.

Ia berharap, kedepan acara PHBN tersebut lebih meriah dan Desa Bucor Kulon, bisa lebih jaya lagi serta warga bisa lebih kompak lagi.


Sementara Camat Pakuniran, Imron Rosyadi yang saat itu juga menjadi dewan juri dalam acara BFC mengatakan, ia sangat mengapresiasi kegiatan tersebut, pasalnya di desa juga ada kegiatan karnaval yang sangat meriah, untuk memerihkan HUT RI.

"Ini adalah antusias dari pemerintah desa dan mendapat dukungan dari warga, sehingga terlaksana kemeriahan acara hari ini", ucapnya.

Ia berpesan kepada seluruh masyarakat, khususnya di Kecamatan Pakuniran, untuk selalu menjaga keamanan dan ketertiban yang ada di desa dan juga dapat mengapresiasi masyarakat khususnya.

"Jadi paling tidak dengan kegiatan ini, daya beli masyarakat, pedagang atau masyarakat bisa menaikkan ekonomi penjual ataupun masyarakat itu sendiri yang ada di Desa atau Kecamatan Pakuniran", pungkas Camat Pakuniran.

Acara Penutupan Peringatan Hari Besar Nasional (PHBN) HUT ke-78 RI tersebut, dilaksanakan pada Jum'at (1/8/2023) malam. Dengan acara penampilan para pemenang karaoke dan juga pemenang Bucor kulon Festival Carnaval (BFC).

Para peserta tampil di depan tamu undangan yang dihadiri Sekcam Pakuniran, Ahmad Zainuri, Babinkamtibmas, Babinsa dan juga Kepala Desa Bucor Kulon. Acara ditutup dengan pemberian hadiah kepada para pemenang mulai dari tingkat anak - anak hingga orang dewasa.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network