Komitmen Berantas Narkoba, Desa Binor Diresmikan Sebagai Kampung Bebas dari Narkoba

Zainul Rifan
Pelepasan merpati sebagai tanda peresmian kampung bebas narkoba (foto : iNewsProbolinggo.id/rifan)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Polres Probolinggo meresmikan Desa Binor, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo sebagai kampung yang bebas dari narkoba. Desa Binor dipilih karena Pemdes dan masyarakatnya, memiliki komitmen untuk memberantas peredaran narkoba.

Peresmian Kampung Bersih dari Narkoba, digelar di wisata edukasi Bumi Harmony desa setempat, pada Jum'at (11/8/2023) siang. Peresmian ditandai dengan pemukulan kentongan dan pelepasan burung merpati.

Sejumlah stakeholder terkait, juga turut hadir dalam kegiatan tersebut. Di antaranya, pihak Pemkab Probolinggo, perwakilan Dandim 0280, Bank Jatim, dan CSR.

Kapolres Probolinggo, AKBP Wisnu Wardana mengatakan, selain memiliki komitmen yang tinggi untuk memberantas narkoba. Desa Binor juga mendapat dukungan dari sejumlah stakeholder, untuk menjadi kampung bebas narkoba.

Dengan harapan, Binor menjadi desa percontohan sebagai Desa Bersinar atau Desa Bebas dari Narkoba. Sehingga bisa diikuti, oleh desa lainnya dalam memberantas narkoba.

"Diharapkan nanti dari desa berkembang ke kecamatan dan kabupaten, sehingga nanti menjadi wilayah bebas dari narkoba," harap kapolres.

Sementara itu, Kepala Desa Binor, Hostifawati mengaku senang, karena telah dipilih menjadi kampung bebas narkoba. Dengan status itu, memerlukan komitmen dan kerjasama yang baik dengan berbagai pihak agar tetap menjadi kampung yang bebas narkoba.

"Banyak anak-anak yang kenal dengan barang haram ini, dan setelah Binor ditunjuk, ini merupakan tuntutan agar desa dan masyarakat bisa memberantas," katanya.

Hos menambahkan, jika sejauh ini pihaknya yang bekerjasama dengan sejumlah pihak, utamanya kepolisian, melakukan penyuluhan terhadap anak muda, ibu kader, karang taruna, PKK setempat. Tentang bahayanya narkoba bagi kesehatan.

"Disamping membutuhkan uang untuk membeli barangnya, juga dapat merusak kesehatan," ujarnya.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network