Pemdes Klampokan Probolinggo Ajak Anak-anak Pawai Obor di Malam Satu Suro, Ini Tujuannya !

Zainul Rifan
Pelaksanaan pawai obor malam satu suro di Desa Klampokan (foto : iNewsProbolinggo.id/rifan)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Desa Klampokan, Kecamatan Besuk, Kabupaten Probolinggo menggelar pawai obor bersama anak-anak pada malam satu suro. Kegiatan tersebut, bertujuan mengenalkan kalender islam kepada anak-anak setempat.

Pada peringatan malam satu suro atau malam 1 Muharram 1445 hijriah tersebut, diikuti oleh seluruh elemen masyarakat. Mulai dari pihak desa, tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh masyarakat, muslimat, dan anak-anak.

Dengan mengucap bismillah, disertai sedikit sambutan. Kepala Desa Klampokan Bahriatun Nikmah, melepas para rombongan pawai obor tersebut. Perjalanan dimulai dari rumah kepala desa, menuju Masjid Raudatul Hasanah.

Dalam perjalanan sejauh 1,5 kilometer tersebut, para peserta pawai obor tidak henti-hentinya melantunkan dzikir dan sholawat. Setiba di masjid, langsung melaksanakan kegiatan santunan anak yatim dan dilanjut dengan istighosah bersama.

Sekretaris Desa Klampokan, Deni Irawan mengatakan, kegiatan pawai obor, santunan anak yatim, dan istighosah pada peringatan 1 Muharram, sudah dilakukan sebanyak dua kali selama Pemerintahan Bahriatun. Dan setiap kegiatan, selalu melibatkan seluruh elemen masyarakat.

Bahkan untuk tahun ini, tidak hanya diikuti oleh warga Klampokan saja, melainkan oleh warga desa lainnya yang berdekatan. Seperti halnya warga Desa Krampilan dan warga Desa Matekan.

"Jadi tujuannya itu, untuk memperkenalkan kepada masyarakat, khususnya pada anak-anak, bahwa 1 Muharram adalah tahun baru islam," ucapnya, pada Selasa (18/7/2023) malam.

Sementara itu, takmir masjid, Nawawi, merespon positif kegiatan yang digelar Pemdes Klampokan. Tak lupa, ia mengucapkan terimakasih kepada pemerintah desa yang selalu mendukung, kegiatan keagamaan bagi umat islam.

Di mana setiap kegiatan yang ada di masjid, seperti istighosah rutin yang dilakukan tiap pekan, dan kegiatan 1 Muharram, serta kegiatan lainnya selalu mendapat support dari pemerintah desa.

"Selain kegiatan keagamaan, pemerintah desa juga memberikan bantuan genset yang sangat bermanfaat saat listrik mati," katanya.

Ia berharap semua masyarakat, dan jajaran takmir masjid mendapat barokah dan syafaat malam 1 muharram tersebut. Ia juga berharap pemerintah desa dapat terus bersinergi, dan memberi dukungan pada kegiatan yang ada di masjid.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network