get app
inews
Aa Read Next : Asah Kratifitas Warga, Pemdes Pakuniran Gelar Lomba Patrol Sahur

Munculkan Bibit Pencinta Al-qur'an, Pemdes Besuk Agung Gelar Lomba Tartil dan Tahfiz Juz 30

Rabu, 19 Juli 2023 | 23:26 WIB
header img
Foto bersama para peserta lomba tartil dan tahfiz juz 30 (foto : iNewsProbolinggo.id/Hendra)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Pemerintah Desa Besuk Agung, Kecamatan Besuk, Kabupaten Probolinggo menggelar lomba tartil dan tahfiz juz 30. Lomba yang diikuti anak-anak itu, bertujuan untuk memunculkan bibit pencinta Al-qur'an di Desa Besuk Agung.

Pada kegiatan yang bekerjasama dengan Tim Penggerak Pemberdayaan  dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) itu, dilaksanakan di Kantor Desa Besuk Agung, pada Rabu (19/7/2023) pagi, bertepatan dengan 1 Muharram 1445 hijriah.

Ketua TP PKK, Desa Besuk Agung, Veny Eka Yogawati mengatakan, kalau kegiatan itu sengaja digelar di tahun baru islam, dengan tujuan agar anak-anak setempat, tidak hanya mengenal kalender masehi saja. Melainkan juga, mengenal tentang kalender islam.

"Harapan lainnya, untuk membangkitkan semangat, khususnya santri agar lebih giat lagi membaca dan menghafal Al-qur'an. Karena bisa bermanfaat, bagi dirinya dan orang tuanya," ucapnya.

Veny mengaku, kalau kegiatan tersebut akan terus diadakan setiap tahunnya. Dan yang menang nanti, akan diberi penghargaan, serta diangkat menjadi duta alqur'an. Dengan harapan santri atau anak lainnya, dapat termotivasi untuk berprestasi dalam bidang alqur'an.

"Dapat menarik bibit selanjutnya, setiap tahun ada duta tahfiz dan duta tartil," paparnya.

Sementara itu, Kepala Desa Besuk Agung, Hafifun Nasir menjelaskan, kalau pada lomba tersebut, diikuti oleh 42 peserta yang merupakan santri dari sejumlah Tempat Pendidikan Al-qur'an (TPQ) yang ada di Desa Besuk Agung. Dan dalam pelaksanaanya, mereka akan dinilai oleh 7 juri yang berkompeten.

"Harapan kita, agar warga mengenal apa itu alqur'an, dan dapat menciptakan lebih banyak hafidz di Desa Besuk Agung," ujarnya.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut