get app
inews
Aa Read Next : Desa Tambak Ukir Meriahkan Acara Selamatan Desa Dengan Musik Religi

Lomba Tumpeng Meriahkan Tahun Baru Islam dan Selamatan Desa Sambirampak Kidul Probolinggo

Rabu, 19 Juli 2023 | 18:19 WIB
header img
Kades dan Camat Kotaanyar saat Menilai tumpeng yang Dilombakan, iNewsProbolinggo.id/Doni

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Pemerintah Desa (Pemdes) Sambirampak Kidul, Kecamatan Kotaanyar, Kabupaten Probolinggo Menggelar selamatan desa bertepatan tahun baru islam atau malam satu suro, Selasa (17/7/2022).

Kegiatan tersebut, dilaksanakan di rumah Kepala Desa Sambirampak Kidul, Junaidi Abdillah yang dihadiri oleh Camat Kotaanyar, Hari Pribadi,  beberapa Kepala Desa se-Kecamatan Kotaanyar, dan juga para polistisi Partai Gerindra dan PKB.

Ada yang berbeda pada acara tersebut, yakni selamatan dan adanya lomba tumpeng yang diikuti oleh semua perangkat, PKK, Kader Posyandu hingga warga di setiap RT yang ada di desa setempat.

Berbagai macam model tumpeng yang ditampilkan oleh para peserta ada yang berbentuk rumah, istana, hewan, patung hingga ada yang menyertakan foto Kepala Desa dan Camat Kotaanyar.

Mulai pukul 19.00 WIB warga berdatangan dengan membawa tumpeng andalannya masing - masing dan di bagi menjadi dua tempat penilaian.

Rangkaian acara selamatan Desa Sambirampak Kidul, dimulai pembukaan, sambutan Kepala Desa, sambutan Camat Kotaanyar, ceramah agama, sholawat nabi dan ditutup, dengan Doa.

Kepala Desa Sambirampak Kidul, Junaidi Abdillah mengatakan, kegiatan selamatan desa tersebut rutin dilaksanakan setiap tahun, sejak awal menjabat kepala desa hingga periode kedua.

"Saya prioritaskan setiap tanggal satu Muharram itu, saya perintahkan warga Sambirampak Kidul untuk melaksanakan selamatan desa sekaligus memperingati tahun baru Islam", ungkapnya.

Kegiatan tersebut terlaksana, berkat dukungan dari masyarakat yang sangat antusias dan semangat, untuk melaksanakan kegiatan selamatan desa setiap tahunnya.

"Kenapa saya laksanakan setiap satu muharram, karena sejak dulu tidak ada kepala desa yang menjabat sampai dua periode dan Alhamdulillah sejak saya menjabat bisa dua periode dari itulah saya berniat untuk melaksanakan selamatan desa pada satu Muharram", Ucap Kepala Desa Berkharismatik tersebut.

Untuk lomba tumpeng, lanjut Junaidi Abdillah, hak tersebut merupakan inisiatif dari para Perangkat Desa Sambirampak Kidul dan juga para tokoh masyarakat, untuk diadakan lomba tumpeng tersebut.

"Alhamdulillah setiap tahunya bertambah banyak pesertanya dan insyaAllah kedepan akan lebih semarak lagi dan mungkin akan kami adakan festival tumpeng ini", ungkapnya.

Ia berharap, kedepan masyarakat Sambirampak Kidul lebih nyaman lagi dan bisa selalu bersinergi pemerintah dengan masyarakat, agar lebih terjalin hubungan yang lebih baik, serta segala penyampaian dari pemerintah bisa diterima oleh masyarakat.

Sementara itu, Camat Kotaanyar, Hari Pribadi mengatakan, acara selamatan desa sangat meriah lantaran berbarengan dengan 1 Muharram, serta ada lomba tumpeng oleh warga, dengan berbagai variasi dan terampil, membuat acara semakin meriah.

"Acara ini juga menjadi dorongan bagi saya yang nanti akan kami kembangkan ditingkat Kecamatan, InsyaAllah nanti pada bulan Agustus pada Acara PHBN akan kami adakan lomba tumpeng mencontoh dari Desa Sambirampak Kidul ini", tandasnya.

Ia berharap dengan adanya selamatan desa, masyarakat Desa Sambirampak Kidul bisa sejahtera semua dan kepala desa diberi kekuatan, serta kesehatan untuk bisa memimpin Desa Sambirampak kidul hingga akhir jabatannya.

Salah Satu tokoh masyarakat Sambirampak Kidul, Zainal Abidin mengaku sangat berterima kasih kepada Kepala Desa Sambirampak Kidul, karena setiap tahun telah melaksanakan selamatan desa tersebut.

"Semoga Desa Sambirampak Kidul ini, tambah barokah dan istiqomah mengadakan acara tahunan ini", ucapnya.

Ia berharap kegiatan tersebut, kedepannya lebih besar lagi dan lebih meriah, dalam memperingati Selamatan Desa Sambirampak Kidul tersebut.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut