8 Tips Rambut Anti Kusut di Musim Hujan

Sulistiyowati
sumber foto okezone

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Bagi setiap wanita, memiliki gaya rambut yang berbeda sesuai tren pastinya memberikan sebuah kebanggaan tersendiri. Ada sebagian wanita yang gemar sekali mengganti warna dan bentuk rambut apakah lurus atau dikeriting. 

Well, mengikuti tren yang tengah hits pada gaya rambut sah-sah saja kok. Tapi, jangan sampai lupa untuk tetap melakukan perawatan rambut secara rutin ya. Karena kalau tidak dirawat dengan baik maka kebiasaan gonta-ganti gaya rambut yang kamu lakukan justru akan merusak rambut.

Sebenarnya, cara perawatan rambut tidak harus melulu dilakukan di salon, tapi bisa dilakukan sendiri di rumah dan tetap mendapat hasil maksimal. 

Musim hujan seperti beberapa waktu belakangan ini juga berdampak pada penampilan rambut. Ya, biasanya saat musim hujan karena rambut basah terkena air hujan, rambut jadi rewel susah diatur hingga kusut.

Mengatur rambut selama musim hujan memang agak menantang, karena kelembapan yang meningkat. Namu tenang, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga rambut bebas rewel dan anti kusut. Simak uraiannya di bawah ini, diwarta dari Times of India, Kamis (29/6/2023)

1. Jaga kebersihan rambut: Artinya, keramas teratur dengan sampo berformula ringan untuk menghilangkan kelebihan minyak, keringat, atau kotoran yang menumpuk karena kelembapan. Rambut bersih tidak akan mudah kusut.

2. Pakai kondisioner: Setelah keramas, pakai kondisioner berkualitas baik agar rambut tetap lembap dan mudah diatur. Fokus pada batang dan ujung rambut dan bilas sampai bersih.

3. Hindari produk styling berat: Selama musim hujan, sebaiknya jaga agar rambut Anda tetap ringan dan hindari produk penataan rambut yang berat. Heavy styling bisa membebani dan membuat rambut terlihat berminyak.

4. Pilih serum yang lebih ringan atau kondisioner tanpa bilas yang memberikan kelembapan tanpa menambah berat badan yang berlebihan.

5. Kurangi paparan panas: Penataan rambut dengan panas berlebihan, dengan alat catokan, alat curling, hingga hairdryer bisa bikin rambut kusut dan rusak, jadi usahakan untuk meminimalkan penggunaan alat berbasis panas. Biarkan rambut kering secara alami.

6. Kuncir rambut: Mengikat rambut dengan gaya bun longgar, kuncir kuda, atau kepang bisa membantu mencegah rambut menjadi terlalu basah dan kusut saat hujan. Ini juga membuat rambut lebih mudah diatur.

7. Pakai produk anti kusut: Gunakan produk rambut anti kusut seperti serum, spray atau krim yang dirancang khusus untuk mengontrol rambut kusut dalam kondisi lembap. Oleskan sedikit ke rambut, fokuskan pada ujung dan area yang cenderung mudah kusut.

8. Potong rambut teratur: Memangkas rambut secara rutin setiap 6 hingga 8 minggu, membantu menghilangkan ujung bercabang dan menjaga kesehatan rambut secara keseluruhan. Ini mencegah kerusakan lebih lanjut, membuat rambut lebih gampang diatur.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network