Jelang Pertengahan Tahun, Target PAD RPH di Probolinggo Capai 40 Persen

Zainul Rifan
RPH Kecamatan Krejengan siap menerima pemotongan hewan (foto : iNewsProbolinggo.id/rifan)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Dinas Pertanian (Disperta) Kabupaten Probolinggo terus berupaya memenuhi target Pendapatan Asli Daerah (PAD), dari retribusi Rumah Pemotongan Hewan (RPH). Hingga saat ini, menjelang akhir bulan Juni 2023 sudah mencapai 40 persen, dari target PAD 2023 sebanyak Rp. 177 juta.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner, drh. Nicholas Nuryulianto mengatakan, pihaknya terus berupaya memaksimalkan pendapatan pada retribusi RPH, agar bisa mencapai target sebelum pergantian tahun.

"Pada triwulan pertama capaiannya sekitar 25 persen. Saat ini sudah sekitar 40 persen. Kami berupaya terus mengejar target PAD ini," katanya, Selasa (27/6/2023). 

Nicho menjelaskan, kalau retribusi RPH didapat dari jasa pemotongan hewan, yang dilakukan oleh 6 RPH yang tersebar di masing-masing kecamatan. Meliputi ; Kecamatan Besuk, Gading, Krejengan, Maron, Leces dan Banyuanyar.

"Untuk harganya, setiap pemotongan Rp 25 ribu. Jadi untuk memenuhi PAD, setidaknya ada sekitar 7.110 pemotongan," ucapnya.

Pihaknya terus mendorong kepada pemilik ternak, agar memotong hewan ternaknya di RPH yang telah disediakan oleh Disperta. Karena selain terjamin cara pemotongan yang benar, juga terjamin kesehatan hewan dan higienisnya.   

Sekadar informasi, pada hari Raya Idul Adha 2023, pihak Disperta menggratiskan biaya pemotongan sapi kurban di 6 RPH yang telah disediakan.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network