Mendekati Idul Adha, Disperta Probolinggo Suntikkan 280 Vaksin LSD pada Sapi

Zainul Rifan
Petugas saat mengecek kondisi sapi terkena LSD (foto : iNewsProbolinggo.id/istimewa)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Mendekati hari raya Idul Adha atau hari raya kurban, Dinas Pertanian (Disperta) Kabupaten Probolinggo terus gencar melakukan vaksinasi Lumpy Skin Disease (LSD). Hingga Jum'at (23/6/2023), sebanyak 280 dosis vaksin telah disuntikkan pada sapi. 

Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner, drh Nicholas Nuryulianto mengatakan, vaksinasi dilakukan untuk menekan angka penyebaran penyakit LSD. Khususnya pada sapi potong yang hendak dikurbankan, saat hari raya Idul Adha nanti. 

Itu karena, daging sapi kurban akan dikonsumsi oleh masyarakat. Sehingga kondisinya harus benar-benar sehat dan layak konsumsi.

"Petugas teknis melakukan penyisiran dilapangan. Khususnya wilayah yang ditemukan kasus atau indikasi penyakit," terangnya.

Sebelumnya, lanjut Nicho, Disperta mendapatkan dropping 500 dosis vaksin LSD jenis Bovilis-lumpyvax. Vaksin tersebut, secara bertahap didistribusikan ke enam Puskeswan. Diantaranya ; Puskeswan Kecamatan Pakuniran, Krucil, Maron, Banyuanyar, Bantaran dan Wonomerto.

"Untuk distribusinya, menyesuaikan kebutuhan. Saat ini sudah 280 dosis telah disuntikkan pada sapi potong. Tersisa 220 dosis lagi," katanya.

Sejauh ini ada lima kecamatan, yang masih menjadi atensi Dinas Pertanian. Meliputi ; Kecamatan Sumber dan Sumberasih, yang ditemukan sapi yang dinyatakan positif setelah diuji pengambilan sampel darah, kerokan kulit dan keropeng yang ada di tubuh ternak. Lalu Kecamatan Kraksaan, Maron dan Banyuanyar.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network