Stop Remehkan 6 Barang Ini Karena Bisa Bikin Kamu Jatuh Sakit!

Sulistiyowati
Sumber foto okezone

PROBOLINGGO,iNewsprobolinggo.id - Di rumah ada banyak sekali benda yang bisa menjadi sarang bakteri dan kuman penyebab penyakit. Membersihkannya secara rutin adalah langkah terbaik yang bisa dilakukan.

Tanpa kita sadari, benda-benda di sekitar justru lebih kotor dan menyimpan lebih banyak bakteri serta kuman berbahaya. Seringkali kita lupa untuk membersihkan tangan sebelum dan sesudah menggunakan peralatan tersebut. Tangan kita menjadi tidak steril sehingga kita lebih mudah terserang penyakit.

Rupanya terdapat berbagai barang rumah tangga yang berada di rumah, tak selamanya aman dan bersih lho!

Malah hampir 70 persen barang itu tidak dibersihkan maksimal oleh pemakainya.

Lalu, apa saja barang-barang di rumah yang berpotensi besar membuat kita jatuh sakit?

Dikutip dari New York Post, berikut barang-barangnya,

1. Sepatu: 45 persen dari sepatu yang diuji ditemukan membawa bakteri seperti Clostridioides difficile, atau C. diff, yang bisa memicu gejala gastrointestinal dan menyebabkan kolitis. Itulah kenapa jangan pakai sepatu masuk ke dalam rumah, selalu lepas sepatu di pintu depan.

2. Microwave: Segera bersihkan tumpahan makanan usai menggunakan alat satu ini. Jika dibiarkan begitu saja, berisiko mencemari makanan berikutnya yang dipanaskan dengan bakteri seperti E. coli atau salmonella, dua bakteri ini bisa bikin usus sakit dan berpotensi menyebabkan penyakit serius.

3. Serbet: Disebut dokter Jordan sebagai salah satu benda yang paling terkontaminasi di rumah. Terutama karena orang menggunakan lap yang sama untuk beberapa permukaan, lalu membiarkannya basah kuyup di wastafel. Bersihkan serbet dengan cara direndam dalam air mendidih selama sekitar 15 menit setiap minggunya.

4. Talenan: Setiap rumah membutuhkan setidaknya dua talenan, satu untuk daging dan satu lagi untuk bahan makanan yang lainnya, untuk menghindari kontaminasi silang. Rutin ganti talenan usang yang sudah aus dengan yang baru, karena celah-celahnya bisa jadi tempat bakteri.

5. Lemari es: Lemari es harus dibersihkan paling tidak sebulan sekali. Menyimpan makanan dengan benar juga penting, biasakan simpan produk makanan siap saji di bagian atas dan turunkan suhunya dengan suhu memasak.

6. Handuk: Pakai handuk yang sama untuk beberapa kali mandi adalah larangan besar kata dokter Jordan. Ia menekankan pentingnya memiliki handuk terpisah untuk mandi dan mencuci tangan. The Cleaning Institute merekomendasikan untuk membuang handuk setelah tiga kali penggunaan.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network