Inilah 7 Artis Menikah Beda Agama Namun Berujung Cerai

Sulistiyowati
Sumber foto okezone

JAKARTA,iNewsprobolinggo.id - Pernikahan Beda Agama adalah pernikahan yang dilakukan oleh orang yang berlainan Agama atau berbeda keyakinan, seperti pernikahan antara muslim dengan Musyrikah, dan Musyrikah dengan Muslim. Pernikahan disebut sah apabila telah memenuhi setiap persyaratan yang ditentukan. Dalam Islam, salah satu syarat sahnya nikah adalah beragama Islam.

Menikah menjadi salah satu penyempurna dalam beribadah kepada Allah Swt. Pernikahan akan memberikan kebahagiaan bagi setiap pasangan yang semata-mata mengharapkan rida-Nya. Di Indonesia, pernikahan beda agama menjadi salah satu fenomena yang kerap ditemui. 

Agama Islam secara terang-terangan melarang adanya menikah beda agama. Allah Swt. berfirman dalam Q.S. Al-Baqarah ayat 221 yang mengandung arti, “Dan janganlah kamu menikahi wanita-wanita musyrik sebelum mereka beriman. Sesungguhnya wanita budak yang mukmin lebih baik dari wanita musyrik, walaupun dia menarik”.

Di agama lain pun melarang adanya menikah beda keyakinan. Di negara Indonesia telah tercantum dalam Undang-Undang No. 1 tahun 1974 pasal 2 ayat 1 dijelaskan bahwa “Pernikahan adalah sah, apabila dilakukan menurut hukum masing-masing agamanya dan kepercayaan itu”.

Meski begitu, masih banyak artis di indonesia yang menikah beda agama. Dan kebanyakan dari mereka memilih bercerai setelah menikah beda agama bertahun-tahun. Pada akhirnya, beberapa dari mereka memilih menyerah di atas perbedaan yang ada.

Seperti yang terjadi pada aktor Yama Carlos dan istrinya, Arfita Dwi Putri, yang menikah sejak tahun 2016. Dia digugat cerai sang istri di Pengadilan Negeri Tangerang, pada 16 Maret silam.

Lewat Instagram, pada 18 April silam, Arfita menyebut pernikahannya dengan sang aktor sebagai kekeliruan. “Saya adalah muslim yang khilaf dan penuh dosa. Maka izinkan saya untuk bertaubat dan memilih jalan yang saya yakini benar, yaitu kembali mendekatkan diri dan memenuhi panggilan kepada Allah SWT.”

Saat ini, proses perceraian pasangan ini masih berlangsung alot di pengadilan. Namun sebelum Yama Carlos dan Arfita Dwi Putri, deretan artis ini memilih bercerai setelah menikah agama bertahun-tahun. Siapa saja mereka? Ini ulasan Okezone.

1. Lydia Kandou dan Jamal Mirdad

Pasangan aktor senior Lydia Kandou dan Jamal Mirdad menjalani pernikahan beda agama selama 27 tahun. Namun pernikahan yang terlihat harmonis itu berujung perceraian, pada 2013.

Banyak rumor yang berseliweran terkait alasan perceraian tersebut, dari dugaan KDRT hingga perselingkuhan. Ada pula kabar yang menyebutkan, perceraian mereka dipicu karena Lydia enggan masuk Islam seperti janjinya pada mendiang ibu Jamal Mirdad.

2. Ira Wibowo dan Katon Bagaskara

Katon Bagaskara yang seorang Katolik menikahi Ira Wibowo beragama Islam, pada 28 Oktober 1996. Setelah 16 tahun menikah dan dikaruniai dua anak laki-laki, mereka sepakat untuk bercerai, pada 2012.

Ira, lewat kuasa hukumnya kala itu mengatakan, alasan perceraian karena mereka selalu cekcok dan sulit untuk didamaikan. Setelah 9 tahun cerai, Ira dan Katon tetap menjaga hubungan baik demi anak-anak mereka.

3. Yuni Shara dan Henry Siahaan

Artis menikah beda agama berujung cerai selanjutnya diisi oleh Yuni Shara dan Henry Siahaan. Mereka menikah pada 7 Agustus 2002, dan dikaruniai dua anak laki-laki. Namun mereka resmi bercerai pada 2008.

Dalam keterangannya kala itu, Yuni tegas membantah anggapan yang menyebut dirinya menggugat cerai karena faktor ekonomi dan perbedaan agama. Namun dia tak menyarankan orang-orang untuk menikah beda agama.

4. Tamara Bleszynski dan Mike Lewis

Tamara Bleszynski yang seorang mualaf menikah beda agama dengan Mike Lewis, pada 2 Februari 2010. Namun pernikahan yang dikaruniai satu anak itu berakhir 2 tahun kemudian.

"Alasan kami bercerai bukan karena KDRT, pihak ketiga, ataupun agama. Yang pasti, kami sudah mempertimbangkan keputusan ini dengan sangat matang," ujar Tamara Bleszynski, pada 2012.

5. Deddy Corbuzier dan Kalina Oktarani

Artis menikah beda agama berujung cerai selanjutnya adalah Deddy Corbuzier dan Kalina Oktarani. Saat menikah pada 25 Februari 2005, Deddy masih penganut agama Katolik, sementara Kalina seorang muslim.

Selama 8 tahun menikah, Deddy mengaku, kerap cekcok dengan Kalina yang berujung permintaan cerai dari sang istri. "Setiap ribut, pasti minta cerai. Ribut lagi minta cerai lagi. Sampai di satu titik, dia minta cerai saya iyakan," ungkap Deddy di channel YouTube pribadinya, pada 2020.

6. Cornelia Agatha dan Sony Lawlani

Cornelia Agatha menikah beda agama dengan Sony Lawlani, pada 18 Maret 2006. Pernikahan mereka semakin lengkap berkat kelahiran si kembar, pada Desember 2006.

Namun setelah 7 tahun menjalani biduk rumah tangga, bintang Si Doel Anak Sekolahan itu memilih bercerai. Alasannya menggugat cerai karena mengalami kekerasan dalam rumah tangga selama 3 tahun.

7. Yeyen Lidya dan Karebet Pramudiarto

Karebet Pramudiarto menikahi Yeyen Lidya yang seorang janda anak satu pada 2008. Tak hanya perbedaan status, mereka juga berbeda agama. Yeyen penganut Kristiani, sementara suaminya seorang muslim.

Namun setelah 13 tahun menikah, mereka memutuskan bercerai. Yeyen mengaku, perbedaan agama tak pernah menjadi alasan mereka cekcok. "Karena memang kami tidak pernah membahas soal agama di rumah. Saling mendukung saja," kata sang aktris pada Desember 2022.*

Editor : Ahmad Hilmiddin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network