PSSI Tetap Pertahankan Shin Tae-yong Sebagai Pelatih Timnas Indonesia

Zainul Rifan
PSSI resmi pertahankan Shin Tae-Young (foto dan sumber : iNewsProbolinggo.id/okezone)

JAKARTA, iNewsProbolinggo.id - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) tetap mempertahankan pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong. PSSI tetap akan menangani Timnas sampai kontraknya berakhir pada 31 Desember 2023 mendatang.

Diketahui, Shin Tae-yong gagal menuntaskan misi yang dibebankan PSSI, yakni membawa Timnas Indonesia juara Piala AFF 2022. Timnas indonesia gugur pada pertandingan semifinal di laga tersebut.

Masa depan Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia sempat menjadi pertanyaan setelah skuad Garuda rontok di semifinal Piala AFF 2022. 

Kondisi semakin parah ketika salah satu anggota Exco PSSI, Juni Rachman, meminta Shin Tae-yong mundur dari jabatan pelatih Timnas Indonesia. Namun, secercah harapan muncul ketika Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, mengeluarkan opininya.

Secara pribadi, Indra Sjafri setuju jika Shin Tae-yong dipertahankan. Sekjen PSSI, Yunus Nusi, juga mengatakan Shin Tae-yong bakal dipertahankan.

Puncak dari itu semua tentunya pernyataan dari Iwan Bule selaku ketua umum PSSI. Ia memastikan Shin Tae-yong tetap membesut skuad Garuda, setidaknya hingga kontraknya berakhir pada 31 Desember 2023.

"Banyak yang bertanya kepada saya bagaimana nasib coach @shintaeyong7777 pasca ajang Piala AFF 2022 lalu. Saya pastikan @pssi akan tetap menghormati kontrak beliau hingga 31 Desember 2023 atau sampai masa kontraknya berakhir," tulis Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan di Instagram-nya, @mochamadiriawan84.

Pria yang karib disapa Iwan Bule itu melanjutkan kalau kepulangan Shin ke Korea Selatan utu bukan karena diputus kontraknya.

"Tetapi PSSI memberikan masa libur untuknya karena tugas berat menanti di awal Februari 2023 mendatang untuk persiapan Piala Dunia U-20," lanjutnya

Iwan Bule mengaku sejauh ini puas dengan kinerja Shin Tae-yong. Berkat tangan dingin Shin Tae-yong, Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023 dan Piala Asia U-20 2023, serta mengalami peningkatan posisi di ranking FIFA.

"Sejauh ini saya sangat puas dengan kinerja Coach Shin dengan beberapa keputusan berani yang diambil dirinya sangat berpengaruh atas progress pencapaian Timnas selama dua tahun lebih menangani Timnas," tegasnya.

Menurutnya, jika diperhatikan, regenerasi Timnas Indonesia saat ini yang tercepat rata-rata usia 23 tahun dan hanya menyisihkan 20 persen saja pemain lebih senior. 

"Keputusan coach Shin ambil bagian nyaris di semua kategori usia menjadi kunci regenerasi berjalan sehingga muaranya kita naik peringkat 151 FIFA dan lolos ke putaran final Piala Asia setelah sekian lama," katanya

Terdekat, Shin Tae-yong akan memimpin pemusatan latihan Timnas Indonesia U-20 yang kemungkinan dimulai pada Rabu, 1 Februari 2023. Pemusatan latihan digelar jelang turun di Piala Asia U-20 2023 yang digelar di Uzbekistan pada 1-18 Maret 2023.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network